Kumpulan Platform Kepenulisan Online Yang Bisa Menghasilkan Uang!

Kumpulan Platform Kepenulisan Online Yang Bisa Menghasilkan Uang! - AksaraJingga.Com
 Kumpulan Platform Kepenulisan Online Yang Bisa Menghasilkan Uang! - AksaraJingga.Com

Editor : Ravi, Osmycin.

Halo sobat Aksara! Pernah gak kalian berpikir karya penulisanmu dapat menghasilkan uang? Tentu sebagai penulis, kalian ingin karya yang kalian tulis mendapat apresiasi lebih bukan? Yang tidak sekadar menulis tanpa hasil apapun. Apresiasi dapat menjadikan tolak ukur keberhasilan atas upaya yang selama ini sudah susah payah kita lakukan. Olehkarenaitu hal ini bisa menjadi hal penting untuk kelangsungan karir kalian sebagai penulis.

Kabar bahagianya, di zaman modern ini, serba digital bahkan apapun bisa Kalian jumpai hanya dengan rebahan aja di atas kasur di dalam kamar. Begitu juga untuk para penulis seperti Kalian. Sudah ada banyak lho platform online yang memberi kesempatan pada para penulis untuk bisa meraih keuntungan. Untuk itu bagi Kalian yang sedang mencari cara mendapatkan hasil dari penulisan kalian atauoun yang sedang mencari platform online mana yang cocok, keputusanmu untuk membaca artikel ini sudah tepat! Karena kali ini mimin akan berbagi informasi daftar beberapa platform online yang bisa memberi kesempatan kepada Kalian untu mendapatkan Cuan, siapa yang gak mau Cuan? 😊 

So, mari kita bahas bermacam-macam platform menulis yang bisa menghasilkan uang tunai secara real!

Wattpad

Wattpad Logo - Aksara Jingga
Wattpad Logo - Aksara Jingga

Eksistensi Wattpad sudah sangat tidak asing lagi bagi para penggemar novel. Platform yang biasa disebut sebagai dunia oranye ini secara resmi diluncurkan oleh Allen Lau dan Ivan Yuen ke dunia Maya pada tahun 2006. Wattpad yang berasal dari Toronto, Kanada ini memberi keleluasaan bagi para penggemar novel, cerita pendek, quote, puisi, atau segala bentuk literasi baik sebagai pembaca maupun penulis. Karena selain menyediakan beberapa bacaan, Wattpad juga menyediakan fitur dimana siapapun pengguna Wattpad dapat mengirimkan karya penulisannya. 

Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan uang dari aplikasi Wattpad?

Cara pertama, kalian hanya perlu menulis di Wattpad karena platform ini tergolong bebas tanpa ada peraturan khusus. Kemudian kalian bisa mengajukan cerita yang kalian buat menjadi paid stories. Untuk menjadikan cerita kalian menjadi berbayar, cerita tersebut harus lolos SnK yang akan ditinjau oleh Wattpad. Baru setelah itu kalian bisa mendapatkan penghasilan dari sana.

Cara lainnya adalah ketika cerita kalian banyak digemari, cerita kalian bisa saja dipinang oleh para penerbit besar. Sekarang ini novel yang berasal dari Wattpad sudah banyak bertengger loh di rak-rak toko buku besar maupun online. Bahkan ada juga yang diadaptasi menjadi film layar lebar.

MangaToon

Mangatoon Logo - Aksara Jingga
Mangatoon Logo - Aksara Jingga

Nah yang platform menulis online yang satu ini lumayan populer di kalangan para pembaca dan penulis. Aplikasi ini bisa menghasilkan cuan juga loh! Caranya gimana sih? Yuk kita bahas sekarang.

Sebelumnya kita bahas tentang aplikasi nya dulu yuk!, MangaToon adalah aplikasi untuk membaca komik secara gratis. Aplikasi MangaToon menyajikan ratusan bahkan ribuan komik dengan berbagai genre kepada seluruh pembaca. MangaToon pertama kali dirilis secara resmi di Play Store pada 5 Juli 2018.

Yuk kita bahas cara menghasilkan uangnya! Sobat Aksara pasti udah penasaran kan?

Yang pertama, jika kalian ingin mendapatkan uang dari platform ini, tentu saja yang kalian harus lakukan adalah menulis sebuah novel, cerita atau lain sebagainya. Kemudian unggah cerita kalian di aplikasi MangaToon. Setelah itu, kalian bisa langsung mengajukan kontrak jika cerita kalian sudah sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku di applikasi MangaToon.

Yang kedua, setelah cerita kalian sudah menjadi cerita kontrak, kalian hanya tinggal mencari pembaca agar kalian bisa mendapatkan cuan yang lebih banyak. Baru kemudian kalian bisa mencairkan uang kalian.

Ketiga, kalian bisa mendapatkan uang melalui lomba-lomba yang di buat oleh aplikasi MangaToon. Dengan memenangkan lombanya kalian akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai atau hadiah lainnya sesuai ketentuan yang berlaku.

NovelToon

Noveltoon Logo - Aksara Jingga
Noveltoon Logo - Aksara Jingga

Sebenarnya aplikasi ini masih terhubung dengan aplikasi MangaToon loh!. Jadi jika kalian mempunyai cerita yang sudah menjadi kontrak di aplikasi MangaToon kalian bisa login di aplikasi ini dengan menggunakan akun yang tercantum di applikasi MangaToon. Lalu disana kalian juga bisa mendapatkan pembaca-pembaca baru dan bisa menambah pundi-pundi cuan kalian.

Nah setelah penjelasan tadi, kira-kira apakah kalian sudah paham tentang aplikasi NovelToon? Jika belum yuk kita bahas lagi secara lebih detail.

Banyak yang merekomendasikan NovelToon sebagai aplikasi untuk membaca novel di Indonesia dengan tanpa biaya sepeser pun sepeser pun. NovelToon ditujukan untuk usia remaja. Aplikasi NovelToon dirilis secara resmi di play store pada tanggal 4 Agustus 2019, dan masih menjadi applikasi kepenulisan yang cukup viral dan yang pasti mempunyai nama yang baik.

Terus kalau kita gak punya akun di MangaToon gimana?

Jika kalian belum mempunyai akun di applikasi MangaToon kalian harus membuat akun di aplikasi NovelToon. Setelah itu kalian hanya tinggal meng-upload cerita kalian disana. Ingat cerita yang kalian punya harus asli ya! Atau tidak boleh plagiat. Lalu jika cerita kalian sudah memenuhi syarat dan ketentuan sebagai cerita kontrak, kalian bisa mengajukan kontrak untuk cerita kalian. Dan kalian bisa mendapatkan cuan dari aplikasi ini. 

Kedua, sama seperti di applikasi MangaToon, aplikasi NovelToon juga mempunyai event-event perlombaan yang berhadiah uang tunai loh! Jadi kalian juga bisa mendapatkan cuan dari sana.

Goodnovel

Goodnovel Logo - Aksar Jingga
Goodnovel Logo - Aksar Jingga

Memiliki titel sebagai aplikasi menulis novel yang paling banyak diunduh di Indonesia, tentu saja Goodnovel harus masuk daftar pertimbangan. Seperti aplikasi membaca novel online lainnya, Goodnovel juga menyediakan berbagai macam genre dengan kualitas terbaiknya.

Lalu bagi para penulis yang ingin menghasilkan uang lewat aplikasi ini, caranya sangat mudah sekali. Kalian hanya perlu mengajukan kontrak. Syarat yang harus dipenuhi pun tidak sulit, cerita kalian hanya perlu minimal 5000 kata untuk bisa mengajukan kontrak. Buat kalian yang tertarik, bisa langsung kunjungi website Goodnovel untuk mulai menulis!

Innovel / Dreame

Innovel Logo - Aksara Jingga
Innovel Logo - Aksara Jingga

Dreame Logo - Aksara Jinga
Dreame Logo - Aksara Jinga

Dreame adalah platform membaca novel yang berbasis di Singapura, kemudian muncul Innovel yang dapat dikatakan sebagai cabangnya yang khusus untuk cerita-cerita berbahasa Indonesia. 

Konsep Dreame cukup mirip dengan Goodnovel. Begitu juga dengan nominal pembayaran yang dijanjikan ketika mengajukan kontrak. Bedanya, di Dreame kalian harus lebih dulu memiliki editor. Karena cerita yang ingin kalian terbitkan di Dreame harus melalui pengajuan editor Dreame terlebih dahulu. Sehingga untuk langkah pertama kalian bisa bergabung di forum kepenulisan Dreame/Innovel untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Storial

Storial Logo - Aksara Jingga
Storial Logo - Aksara Jingga

Tidak jauh berbeda dengan platform lainnya Storial juga dapat digunakan untuk membaca dan menulis cerita secara online. Justru Storial itu muncul lebih dulu sebelum Goodnovel ataupun Dreame. 

Di Storial, seperti pada umumnya kalian bisa menulis cerita per bab. Kemudian setelah tamat, baru bisa kalian ajukan naskah tersebut kepada editor. Jika lolos peninjauan editor selanjutnya cerita kalian akan berubah menjadi premium dan penulis bisa mendapatkan royalti per bab nya (Storial Premium Chapter). Keuntungan lainnya, novel kalian bisa naik untuk terbit cetak melalui Storial Publishing.

Itulah rangkuman daftar kumpulan platform kepenulisan yang memberi kesempatan penulis untuk memeroleh penghasilan berikut cara-caranya.

Nah sekarang Kalian sudah tahu kan? Yuk unduh aplikasinya, pilih mana yang cocok untuk Kamu dan mulailah membuat karya kerenmu di sana! Semangat sobat Aksara! Salam Literasi! Sampai ketemu di materi selanjutnya. Bye bye.

17 Comments

Previous Post Next Post