Kumpulan Cara Ampuh Untuk Mempromosikan Cerita Di Media Sosial!

Kumpulan Cara Ampuh Untuk Mempromosikan Cerita Di Media Sosial - AksaraJingga.Com
Kumpulan Cara Ampuh Untuk Mempromosikan Cerita Di Media Sosial! - AksaraJingga.Com

Editor: Ravi, Abigail

Cara-Cara Mempromosikan Karya Dengan Hasil Yang Maksimal - Aksara Jingga.

Hallo sobat Aksara, kalian pernah gak sih mikir gimana cara mempromosikan karya kalian dengan benar? Pernah dan belum dapat jawabannya? Yuk kita bahas sekarang juga!

Buat lah banner promosi tentang karya atau sesuatu lainnya yang akan kalian promosikan.

Cara buat bannernya gimana min?

Yuk kita bahas bersama-sama!

Yang pertama, kalian bisa mengedit banner di aplikasi Canva, PicsArt, dan aplikasi mengedit lainnya. Apa yang dibutuhkan untuk mengedit banner? Banyak hal yang dibutuhkan untuk mengedit banner salah satunya adalah komentar-komentar positif / penilaian positif yang diberikan oleh para penikmat karya kalian. Jika kalian baru ingin mempublikasikan karya kalian, kalian bisa menggunakan permainan warna, bentuk, model banner, kata-kata identik dan lain sebagainya untuk menarik para audience. 

Kedua, setelah kalian membuat banner kalian bisa langsung mengirim banner tersebut ke sosial media kalian.

Mengirim promosi di sosial media yang kita punya.

Cara ini adalah cara yang paling efektif loh! Dan ini juga sangat gampang. Di cara ini kalian tidak tuntut untuk membuat banner terlebih dahulu, kalian bisa mempromosikan dengan cara meng screenshot bagian karya-karya kalian, atau bisa juga kalian mengirimkan foto wallpaper karya-karya yang kalian punya. 

Gampang kan? Terus kita harus kirim ke sosial media apa? Ada rekomendasi nama sosial media nya?

Ok untuk menjawab itu aku cuman bisa jawab seperti ini. Sebenarnya itu juga membutuhkan keberuntungan dari diri kalian. Dan yang pasti kalau tidak boleh menyerah. Dan menurut aku semua sosial media sangat amat aku rekomendasikan untuk tempat promosi. Seperti TikTok, WhatsApp, Instagram Reels, YouTube Short, Twitter, Instagram Feeds, Facebook, dan lain sebagainya. 

Mempromosikan karya ke status WhatsApp.

Cara ketiga ini adalah cara yang paling umum kita lakukan bukan? Cara promosi seperti ini bisa saja berguna dan bisa juga tidak. Karena jangkauan audience mu terbatas. Namun jika kita membuat promosi terus menerus bisa membuat orang yang melihat statusmu menjadi ingin tahu tentang apa yang kamu promosikan. Dan itu bisa membuat karya mu dilihat dari audience yang kamu dapat itu.

Mempromosikan karya di grup LPM (Lapak Promote).

Nah cara yang keempat ini juga sudah sangat lumrah di kalangan penulis bukan? Promosi metode seperti ini memang tidak terlalu efektif, namun tidak ada salahnya untuk mencoba kan? Terus gimana cara promosi nya? Yuk kita bahas!

Kalian bisa promosi ke LPM dengan menggunakan trailer, foto, banner, screenshotan dari cerita kamu, dan lain lainnya. Dan jangan lupa sertakan link cerita kalian ya! Lalu kirim ke group group LPM (Lapak Promote) yang kamu punya. Atau untuk kalian yang belum pernah bergabung ke LPM manapun bisa gabung di sini:


Mempromosikan karya ke Aplikasi TikTok.

Membuat video singkat dan menguploadnya di TikTok. 

Cara ini banyak sekali digunakan oleh penulis wattpad untuk mempromosikan karyanya. Tak heran jika kamu membuka hastag (#.Wattpadrekomendasi) akan banyak video promosi wattpad yang di upload di sana.

"Terus cara promosi nya gimana ka?"

Caranya gampang sekali. Kamu bisa menggunakan screenshot cerita kamu, bisa berupa quotes, percakapan, dan lain lainnya. 

Kamu juga bisa membuat ceritamu seperti au / alternatif universe menggunakan aplikasi fake chat seperti Wamock, twiNote, message, dan lain lainnya. 

Setelah kamu menentukan bahan yang ingin kamu buat video, kamu bisa mengeditnya menggunakan aplikasi edit video yang ada di ponsel kamu. Contohnya seperti Capcut, Alight Motion, Kinemaster dan banyak lagi. 

Kamu bisa mengeditnya menggunakan musik / lagu yang serang populer saat itu, menggunakan foto dari aplikasi pinterest, google, tumblr dan lain lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan trend yang sedang naik daun di Tiktok, seperti musik suling, title dari meghan trainor dan trend lainnya. 

Mempromosikan karya lewat Reels Instagram.

Cara yang keenam ini menggunakan fitur terbaru dari Instagram loh, jadi kalian harus meng update aplikasi nya dulu (jika fitur ini belum tersedia di Instagram kalian) dan jika sudah ada mari kita jelaskan cara caranya!

Langkah pertama kalian harus membuat video trailer, atau video promosi dulu ya! Kalian bisa mengedit itu menggunakan Capcut, Kinemaster, dan aplikasi-aplikasi mengedit lainnya.

Setelah selesai mengedit video nya, kamu bisa langsung menguploadnya di aplikasi Instagram dengan fitur Reels. Jangan lupa tambahkan hastag-hastag, dan backsound ya! Agar jangkauan video mu bisa lebih jauh. 

Mempromosikan karya ke Instagram Feeds.

Selanjutnya masih menggunakan aplikasi Instagram loh! Masih ingat kan cara mempromosikan lewat Reels? Nah sebenarnya caranya sama saja seperti yang ada pada fitur Reels Instagram. Dan ada hal yang menarik loh! Dari penguploadan video promosi kamu di Reels, Video kamu akan secara otomatis Terupload di Instagram Feeds juga! Jadi kalian tidak perlu repot-repot untuk meng-upload dua kali.

Mempromosikan karya ke YouTube Short.

Siapa sih yang disini gak tau aplikasi YouTube? Kayaknya semua orang sudah mengenal aplikasi ini ya! Dan yang menarik aplikas juga bisa menjadi tempat untuk promosi dari karya-karya kalian loh! 

"Terus caranya gimana kak?"

Masih sama seperti yang sebelumnya, kamu masih harus membuat video promosi, video trailer, dan lain sebagainya untuk di upload di fitur terbaru dari YouTube ini! Ingat! Video YouTube Reels ada maksimal durasi nya loh! Maksimal durasi dari video YouTube Reels selama 60 detik atau satu menit. Jadi jika Vidio kamu memiliki durasi lebih dari satu menit, video kamu akan di upload ke YouTube dengan fitur biasa.

Mempromosikan karya ke Aplikasi Twitter.

Akhirnya kita sampai di cara promosi lewat aplikasi yang berlogokan burung ini ya! Aplikasi yang sudah lumrah di kalangan anak wattpad ini juga bisa digunakan untuk promosi karya-karya kalian loh! Caranya, setelah kamu membuat video kamu hanya tinggal meng-upload nya di aplikasi ini. Dan jangan lupa berikan hastag hastag di postingan promosi kamu ya! Kamu juga bisa menambahkan kata kunci yang viral di postingan kamu agar jangkauan postingan promosi kamu lebih jauh. Dan jangan lupa juga untuk menaruh link karya-karya kalian ya!

Nah setelah kalian melihat cara-cara promosi di atas, kira-kira kamu lebih tertarik dengan cara promosi yang mana? Instagram? TikTok? Status? YouTube atau jangan jangan LPM? Beri tahu pilihanmu di komen ya!

Yuk kita masuk ke rangkuman!

Rangkuman

Buat lah banner promosi tentang karya atau sesuatu lainnya yang akan kalian promosikan.
Mengirim promosi di sosial media yang kita punya.
Mempromosikan karya ke status WhatsApp.
Mempromosikan karya di grup LPM ( Lapak Promote ).
Mempromosikan karya ke Aplikasi TikTok
Mempromosikan karya ke Aplikasi Instagram (Reels)
Mempromosikan karya ke Aplikasi Instagram (Feeds).
Mempromosikan karya ke Aplikasi YouTube (Short).
Mempromosikan karya ke Aplikasi Twitter.

Ya, segitu aja dari Mimin sampai ketemu di materi selanjutnya! Mari Bertumbuh Beraksara Bersama Jingga! Salam Literasi!

44 Comments

Previous Post Next Post