Tips & Trik Untuk Membuat Nama Tokoh Cerita

Tips & Trik Untuk Membuat Nama Tokoh Cerita - AksaraJingga.Com
Tips & Trik Untuk Membuat Nama Tokoh Cerita - AksaraJingga.Com

Editor: Ravi

Hallo sobat Aksara, kali ini kita bakal bahas tentang nama tokoh nih! Lebih tepatnya Tips dan Trik untuk membuat nama tokoh cerita mu. Untuk para sobat yang author, "pernah kesusahan gak sih untuk membuat nama tokoh yang ada di cerita kalian?" Kalau pernah, langsung kita bahas aja yuk! Biar sobat Aksara lebih memahami cara caranya.

Let's Go!

Buatlah Nama Tokoh mu sesuai dengan kepribadiannya.

Ya, tips yang pertama ini adalah tips yang paling mendasar loh! 

"Buatlah nama tokoh mu sesuai dengan kepribadiannya? Maksudnya gimana min?"

"Ok yuk kita jelasin!"

Simpel nya, jika tokoh mu memeliki sifat atau kepribadian pemimpin kalian bisa banget menggunakan nama-nama yang artinya menggambarkan tentang pemimpin, seperti :

Afzam = bisa digunakan untuk tokoh laki-laki yang berarti berjiwa pemimpin.

Andriko = bisa digunakan untuk tokoh laki-laki yang berarti pemimpin tampan.

Qamila = bisa digunakan untuk tokoh perempuan yang berarti pemimpin muda.

Quanda = bisa digunakan untuk tokoh perempuan yang berarti ratu.

Quinna = bisa digunakan untuk tokoh perempuan yang berarti pemimpin bijaksana.

Itu adalah beberapa contoh ya sobat. Atau misalkan tokoh mu memiliki sifat yang periang, kalian bisa menamakan tokoh itu dengan nama-nama yang berartikan periang, seperti, Gadis, Jovita, Anas dan lain sebagainya.

Jadi maksudnya adalah buatlah nama yang bisa menggambarkan sifat atau perilaku dari tokoh tersebut.

Nah itulah tips yang pertama, mari kita lanjutkan ke tips ke dua!

Buatlah Nama Tokoh kamu dengan tidak Terlalu Panjang dan Rumit ( Optional )

Nah, ini adalah tips yang kedua! Yaitu membuat nama tokoh mu dengan tidak terlalu panjang atau rumit. 

Ya ini adalah tips kedua, karena jika nama tokoh mu terlalu panjang atau rumit, para pembaca juga akan susah untuk membacanya. Misal jika kalian jadi pembaca dan nama tokoh dari cerita yang kamu baca menggunakan huruf Mandarin yang panjang. 

"Pasti kamu bacanya tidak nyaman kan?"

Namun jika hanya menggunakan bahasa latin dan masih bisa dibaca itu tidak masalah, malah itu sangat bagus. Karena nama tokoh mu memiliki sifat keindahan kalimat.

Dan jika kalian mau membuat nama tokoh dalam ceritamu, usahakan jangan terlalu panjang agar lebih mudah diingat oleh para pembaca dari ceritamu.

Mari kita masuk ke contoh!

Contoh :

Misalnya nama tokoh mu Selly. Dan nama panjangnya Selly Monica Jovita Azhari. Menurut Mimin itu masih sangat amat baik dan tepat. Karena tidak terlalu panjang, masih bisa dipahami, masih bisa diingat, dan yang paling penting masih bisa dibaca dengan baik dan benar.

Nama tokoh mu adalah 李杰 ( Li Joe ) dan nama panjangnya adalah 李军 李杰 它的 ( Li Kun Li Joe Sen ). Ya contohnya seperti ini, jika Mimin hanya menuliskan bahasa Mandarin nya saja pasti kalian tidak bisa membacanya kan? Ya walaupun pasti akan tetap ada yang bisa membacanya. Namun persentasenya lebih sedikit dari pada yang bisa. Dan walaupun sudah ditulis dengan huruf latin kemungkinan kalian juga masih salah dalam cara membacanya kan? Oleh karena itu buatlah nama tokoh ceritamu dengan tidak terlalu panjang dan rumit.

Berikan Nama Tokoh Kamu Sesuai Dengan Gendernya.

Ini adalah tips ketiga, sebenarnya tips yang ketiga ini sudah sangat dasar dan kalian pasti sudah mengetahui nya. Namun mari kita bahas lagi. 

Setiap tokoh salah cerita pasti memiliki gender, jadi biarkan lah na sesuai dengan gender masing-masing tokoh ya! Contohnya tidaklah mungkin tokoh perempuan di berikan nama Putra yang berartikan Laki-laki. 

Yang pasti kalian harus membuatkan nama-nama tokoh kalian sesuai dengan gendernya. Dan mari kita masuk ke contoh.

Contoh :

Tokoh mu bergender perempuan namun diberikan nama Putra Agus Salim. Nama ini kurang pas untuk tokoh yang bergeser perempuan, dikarenakan dari arti nama itu sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan di tips pertama. Mungkin saja kalian bisa menemakan tokoh perempuan ini dengan nama Putri Agustina Sasi. Nama.yang kedua ini lebih cocok karena arti nya menunjukkan ke gender perempuan, tidak seperti pada nama yang pertama yang lebih menjurus ke arah nama laki-laki.

Tokoh mu bergender laki-laki dan perempuan ( kembar ), bayi laki laki diberi nama Fandeagras Athalla Muzakki dan yang bayi perempuan di beri nama Adelia Tasyi Fandeagras. Nama seperti ini masih cocok loh, walaupun ada nama Fandeagras yang sebenarnya lebih menjerumus ke arah nama laki-laki. Tetap dengan nama Fandeagras dikarenakan itu marga. Jadi ada terkecuali untuk nama marga ya!

Ya itu semua adalah tips dan trik membuat nama tokoh pada cerita kamu. Sekian aja dari Mimin mari kita masuk ke rangkuman.

19 Comments

Previous Post Next Post