Hal-hal Menarik dari Aplikasi Wattpad!

Hal-hal Menarik dari Aplikasi Wattpad! - AksaraJingga.Com
Hal-hal Menarik dari Aplikasi Wattpad! - AksaraJingga.Com

Editor: Ravi, Osmycin

Halo sobat Aksara, kali ini kita bakal bahas hal-hal yang menarik dari Wattpad! Seperti yang kalian tau platform kepenulisan ini adalah salah satu yang paling populer dalam kalangan penulis dan pembaca novel. Sudah pada tau tentang aplikasi Wattpad kan? Daripada ada yang belum tau mending kita bahas sekarang!

Wattpad adalah platform membaca dan menulis online yang berasal dari Toronto, Kanada. Wattpad diluncurkan ke dunia maya oleh Allen Lau dan Ivan Yuen pada tahun 2006. Dalam dunia oren ini, sebagai author kalian bisa menulis apapun, yang pasti harus sesuai dengan panduan komunitas dari aplikasi Wattpad. Di aplikasi ini author bisa membuat karya seperti novel, cerpen, puisi, quotes, materi kepenulisan, cerita rakyat, cerita, dan lain sebagainya. 

Nah setelah penjelasan singkat tadi mari langsung kita bahas hal-hal menarik nya!

Baca juga Kumpulan Platform Kepenulisan Online

Hal-hal Menarik dari Aplikasi Wattpad!

Memiliki jutaan cerita menarik dari berbagai genre (horor, romansa, cerpen, fiksi, nyata, action, dan lain sebagainya).

Benar banget! Aplikasi Wattpad, memiliki banyak sekali cerita. Dan yang lebih menarik lagi banyak sekali cerita terkenal yang sudah di angkat menjadi buku / novel, series dan lain sebagainya loh! Dan semua cerita itu berasal dari pengguna aplikasi Wattpad!

Aplikasi Wattpad juga menyediakan banyak sekali genre cerita, jadi kalian gak akan bosen deh baca cerita disini! Dan kalau kalian jadi author kalian juga bisa lebih leluasa untuk menulis sesuai pikiranmu karena Wattpad menyediakan banyak sekali genre.

Banyak cerita yang masih bisa dinikmati secara gratis!

Nah, kalau yang ini sangat menguntungkan untuk pembaca, karena banyak sekali cerita bagus dan viral yang bisa dibaca secara gratis, tanpa menggunakan koin/uang virtual/uang nyata! 

Namun ada beberapa cerita juga yang bayar, namun kalau dari skala lebih banyak cerita yang gratis loh! Dan yang pasti kualitas ceritanya juga gak kalah menarik! Dari alur, tema dan lain sebagainya sangat amat bagus!

Jadi kalau sobat Aksara adalah seorang pembaca, sobat Aksara tidak perlu khawatir terbebani dengan biaya yang harus dikeluarkan. Mulai buat pengalaman seru sobat Aksara dalam aplikasi Wattpad.

Yuk kita lanjut ke hal-hal menarik selanjutnya!

Bisa mendapatkan cuan dari karya yang telah di upload!

Kalau yang ini sangat menguntungkan bagi Author! Ternyata aplikasi Wattpad juga memberi keseumpatan kepada penggunanya untuk mendapatkan uang loh! Sobat Aksara mau tau cara lebih lengkapnya? Sobat Aksara bisa langsung buka artikel di bawah ini ya.

Kumpulan Platform Kepenulisan Online

Yuk kita bahas secara singkat!

Buatlah cerita

Promosikan ceritamu, jika ceritamu ramai ceritamu bisa saja dipinang oleh penerbit dan dibukukan. Dan yang pasti kalian bisa mendapatkan cuan.

Cerita mu bisa mendapatkan hadiah dari event.

Cerita mu bisa mendapatkan cuan jika menjadi cerita berbayar. Untuk menjadi cerita berbayar kalian harus lulus syarat dan ketentuan yang berlaku ya!

Nah kalian udah baca cara detailnya? Gimana menurut kalian? Yuk mulai nulis di aplikasi Wattpad dan kembangkan imajinasimu!

Aplikasi kepenulisan dengan pengguna terbanyak.

Ya! Benar! Aplikasi Wattpad memiliki banyak sekali pengguna. Nah karena aplikasi Wattpad menjadi salah satu aplikasi kepenulisan yang memiliki banyak pengguna, untuk para penulis sendiri mendapatkan keuntungan loh! 

Keuntungan nya apa min?

Keuntungan nya itu kalian bisa menjadi lebih mudah mendapatkan pembaca, ya walaupun tetap sedikit sulit jika kalian tidak mempromosikan cerita kalian itu. Namun dibandingkan dengan aplikasi kepenulisan lain, aplikasi Wattpad lebih menjamin kita untuk mendapatkan pembaca dengan persentase lebih besar! Karena jumlah penggunanya yang sudah banyak itu.

Bisa menulis lebih dari satu cerita, walaupun ceritamu belum selesai!

Nah ini juga keuntungan bagi penulis! Walaupun semua aplikasi Kepenulisan memiliki fitur seperti ini, namun karena pengguna aplikasi Wattpad lebih banyak jadi lebih banyak juga orang yang lebih tertarik dengan aplikasi Wattpad! 

Jadi tidak ada ruginya loh untuk sobat Aksara mencoba!

Platform kepenulisan dengan tampilan UI ternyaman

Dibanding dengan platform-platform lainnya, Wattpad menjadi salah satu yang mempunyai tampilan UI terbaik untuk dipandang. Baik website maupun aplikasi-nya. Tidak sulit untuk memahami seluk beluk Wattpad bagi kamu yang baru mengenal platform ini karena penempatan tiap fitur dan objeknya tertata rapih. Tampilan teks cerita di Wattpad juga bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan keinginan masing-masing orang. Wattpad juga punya fitur direct message yang memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan pembaca lain bahkan dengan penulis favoritmu.

Adanya Story Note yang memudahkan para penulis.

Ketika merancang sebuah tulisan, para penulis biasanya membuat catatan tersendiri tentang para tokohnya, outline cerita dan lain sebagainya. Fitur Story Note di Wattpad menyediakan semua hal itu. Kamu bisa menulis catatan tentang tokoh utama kamu, bagaimana sifatnya, apa yang akan dialaminya, dan bagaimana kamu akan mengakhiri kisahnya. Catatan seperti ini berguna agar ceritamu terus berjalan dan terhindar dari writers block.

Tidak perlu khawatir karena Story Note ini bersifat priabadi tanpa ada orang lain yang bisa mengaksesnya. Nah, ketika kamu ingin meningkatkan ceritamu menjadi cerita yang berbayar, Story Note inilah yang akan kamu ajukan kepada Wattpad untuk dilakukan peninjauan.

Ranking bagi cerita yang dipublikasikan.

Setiap cerita yang dipublikasikan biasanya menggunakan beberapa tagar dan Wattpad menyusun rank cerita berdasarkan tagar yang sama. Hal ini menguntungkan bagi para penulis maupun pembaca. Dengan adanya tagar, pembaca tidak perlu susah payah untuk mencari cerita-cerita menarik dan penulis bisa mendapatkan lebih banyak pembaca. Eits, bukan berarti cerita yang tidak masuk dalam perankingan itu tidak bagus, yah. Rank hanya salah satu fitur sampingan yang cukup menarik untuk dibahas.

Peringatan konten dewasa.

Seiring dengan perkembangan zaman, semua kalangan usia bisa mengakses internet saat ini. Termasuk mengakses Wattpad. Bagi para penulis yang menyelipkan adegan erotis, kekerasan, kekejaman yang banyak mengandung darah, dan semacamnya harus mengkategorikan cerita mereka ke dalam konten dewasa. Dengan begitu akan ada peringatan di tampilan awal. Cerita yang masuk kategori dewasa juga biasanya tidak bisa masuk peringkat.

Ya sekian materi dari Mimin, yuk langsung masuk ke rangkuman!

Rangkuman :

  • Memiliki jutaan cerita menarik dari berbagai genre (horor, romansa, cerpen, fiksi, nyata, action, dan lain sebagainya).
  • Banyak cerita yang masih bisa dinikmati secara gratis!
  • Bisa mendapatkan cuan dari karya yang telah di upload!
  • Aplikasi kepenulisan dengan pengguna terbanyak.
  • Bisa menulis lebih dari satu cerita, walaupun ceritamu belum selesai!
  • Platform kepenulisan dengan tampilan UI ternyaman.
  • Adanya Story Note yang memudahkan para penulis.
  • Ranking bagi cerita yang dipublikasikan.
  • Peringatan konten dewasa.
Itu dia rangkuman untuk materi kali ini, semoga materinya bermanfaat ya! Mari kita bertumbuh beraksara bersama Jingga. #SALAMLITERASI! 

Sampai bertemu di artikel-artikel selanjutnya, bye bye! Salam Sobat Aksara!

39 Comments

Previous Post Next Post