Cara Membuat Sinopsis / Blurb Cerita

Sinopsis atau Blurb? Tiki-Taka dalam Menciptakan Sebuah Blurb yang Menarik

Cara Membuat Sinopsis / Blurb Cerita - AksaraJingga.Com
Cara Membuat Sinopsis / Blurb Cerita - AksaraJingga.Com

Editor: Osmycin

Hai, sobat aksara! Apa kabar? Semoga kabar baik dan kebahagiaan selalu menyertai kita semua. Ketika ingin mulai membaca sebuah judul novel, pasti sobat aksara akan melihat bagian sinopsisnya dahulu, bukan? Untuk menimbang-nimbang apakah novel tersebut worth to buy, atau sekedar layak untuk menjadi bacaan dikala senggang.

Biasanya orang-orang menyebut sinopsis itu adalah beberapa paragraf tentang isi novel yang terletak di bagian sampul belakang buku novel. Tapi tahukah sobat aksara, kalau tulisan di bagian belakang sampul sebuah novel itu bukanlah sinopsis, melainkan sesuatu yang harusnya disebut sebagai blurb. Mari bold, italic dan underline, blurb. Jadi, jangan lagi menyebutnya sebagai sinopsis, ya!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sinopsis (/si·nop·sis/ n) adalah ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu; ringkasan; abstraksi.
sumber: Arti kata sinopsis - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online

Sampai sini paham tidak? Jadi yang namanya sinopsis itu adalah ringkasan isi cerita secara lengkap, tidak ada yang menggantung sama sekali. Tentu saja memuat konflik utama dan segala sesuatu yang dilakukan oleh sang tokoh utama termasuk latar tempat dan waktunya. Dengan kata lain, spoiler cerita pun bertebaran di dalam sinopsis. Biasanya sinopsis akan sangat membantu bagi orang-orang yang ingin mengetahui keseluruhan isi cerita namun dalam waktu singkat.

Sekarang sudah mengerti bukan, bahwa tulisan singkat di bagian belakang sampul sebuah novel itu bukanlah sinopsis. Penjelasan singkat mengenai isi yang terdapat di dalam buku itulah yang dinamakan blurb. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, blurb berarti penjelasan singkat. Sedangkan menurut Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia, arti kata blurb adalah iklan pada kulit sampul buku. Bukan hanya terdapat pada novel, tapi setiap buku pasti memiliki blurb pada bagian sampul belakang buku.

Bedanya dalam sebuah novel, blurb dibuat bertujuan untuk menarik para pembaca agar merasa penasaran dengan isi cerita dari novel tersebut. Tentu saja hal ini juga berlaku untuk novel-novel yang diterbitkan dalam platform online seperti Wattpad, Storial, Goodnovel dan lain sebagainya. Selain menggunakan cover yang mencolok, blurb yang berada pada tampilan awal juga memiliki peran yang tak kalah penting.

Memang kalimat don’t judge a book by the cover itu benar adanya, namun kalau bukan menilai dari blurb yang terlihat lebih dahulu, darimana kita bisa menilai apakah cerita itu menarik untuk dibaca atau tidak? Bukan sekali atau dua kali para pembaca urung melihat bab pertama hanya karena merasa blurb di halaman awal-nya kurang menarik.

Tapi kan kita tidak bisa menentukan bagus atau tidaknya sebuah cerita hanya dari bagian blurb-nya saja? Benar sekali, namun tidak dapat dipungkiri kalau kesan pertama juga berperan dalam menarik minat para pembaca. Maka dari itu para penulis jadi memiliki job desk tambahan, yaitu membuat blurb yang menarik.

Haduh, sulit ya untuk menjadi penulis? Eits, jangan khawatir, panik apalagi sampai mau minum sianida, jangan, tetaplah bernapas meski hanya menghabiskan beras. Hehe, bercanda. Tentu saja karena kali ini kita akan membahas bagaimana cara menciptakan blurb yang menarik!

Jangan Bertele-tele!

Dalam pembuatan sebuah burb jangan terlalu menggunakan bahasa yang puitis atau menggunakan istilah-istilah khusu yang jarang didengar oleh masyarakat umum. Tentu kalian boleh bermain dengan diksi namun tetap langsung menuju pada intinya, jangan berputar-putar pada hal yang sama.

Memasukan Kutipan Dialog yang Iconic!

Di dalam sebuah cerita para tokohnya pasti berdialog bukan? Nah, kalian bisa pilih dialog sang tokoh utama. Entah itu yang bermakna, savage, berisi quotes, atau bahkan dialog yang absurd nan iconic juga tak masalah. Menggunakan kutipan dialog akan menimbulkan rasa penasaran bagi pembaca, mereka akan bertanya-tanya, situasi macam apa yang menyebabkan tokoh ini berucap demikian?

Menggunakan Pertanyaan di Bagian Akhir Blurb

Sebuah klise yang pasti sudah sering sobat aksara temukan dibagian blurb sebuah cerita, bahkan novel terkenal sekalipun. Tapi memang tak terelakan, cara seperti ini masih cukup efektif untuk men-trigger rasa penasaran para calon pembaca. Cukup tinggalkan sebuah pertanyaan tentang nasib sang tokoh utama dan boom, status calom pembaca akan berubah sekejap menjadi pembaca setia.

Menuangkan Penggalan Cerita kedalam Sebuah Blurb

Cara satu ini dapat menjadi pilihan ketika penulis sudah mulai merasa tertekan dengan tuntutan menciptakan blurb yang menarik. Kaian bisa cantumkan sepenggal adegan sang tokoh utama di dalam cerita. Mulai dari yang aesthetic, hingga yang sedikit menimbulkan gelak tawa. Hal ini sepele namun di sisi lain kamu bisa langsung menunjukan kalau ceritamu itu menarik.

Menyisipkan Kalimat yang Percaya Diri

Jangan pernah merasa rendah dengan karya yang kamu ciptakan. Tidak ada salahnya kamu menyisipkan beberapa kalimat dengan rasa kepercayaan diri tinggi dibagian awal atau akhir blurb. Tentu saja sesuaikan dengan genre cerita-nya. Misal genrenya romansa remaja, bisa kamu tambahkan.

Perhatian, membaca cerita ini akan menimbulkan gejala baper kronis seperti nyengir tak jelas, menggigit sembarangan, dan rasa gemas yang berkepanjangan.

Perbanyak Bahan Bacaan!

Membaca itu membuka jendela dunia, jadi jangan ragu untuk mampir dan melihat-lihat blurb dari para penulis yang sudah berpengalaman. Perhatikan bagaimana mereka menciptakan situasi yang menimbulkan rasa penasaran hanya dengan beberapa paragraf hingga nantinya kalian akan menemukan ‘gaya’ masing-masing dalam membuat sebuah blurb.

Terakhir, perlu diingat bahwa pengalaman adalah guru terbaik, jadi bagi kalian yang masih baru dalam kepenulisan jangan ragu untuk mencoba. Sudah cukup membacanya, sekarang jangan lupa dipraktikan, okay? Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, blurb buatanmu pasti akan menjadi menarik!

Sekian tentang tips pembuatan blurb kali ini, sampai jumpa lagi!

Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

2 Comments

Previous Post Next Post