6 Tema Puisi Terhits Tahun 2022!

6 Tema Puisi Terhits Tahun 2022! - AksaraJingga.Com
6 Tema Puisi Terhits Tahun 2022! - AksaraJingga.Com

Editor: RaviFauzi, dan Kyfana

Hallo sobat Aksara Jingga, balik lagi nih sama Mimin team editor! Kali ini Mimin akan kasih tau tema tema puisi Terhits tahun ini! Kira-kira apa aja ya?! Atau jangan-jangan kalian lagi bingung cari tema?

Kalau kalian lagi bingung ini adalah materi yang tepat banget buat kalian! Bacanya jangan setengah-setengah ya! Selamat membaca!

Yauda tanpa banyak basa-basi lagi mari kita masuk ke materinya!

Liburan

Ya! Yang pertama adalah tema liburan, seperti yang kalian tau kita baru aja selesai libur libur lebaran kan?! Dan untuk para pelajar tingkat SD-SMP biasanya akan langsung ada tugas membuat cerpen tentang liburan atau juga membuat puisi tentang liburan mereka! Karena itu menurut Mimin tema ini lagi hits hits nya loh!

Tema ini bisa menggambarkan suasana senang hingga sedih. Jadi kita bisa memainkan emosi dengan lebih mudah. Permainan emosi yang sangat baik bisa menambah nilai plus dalam suatu karya itu sendiri.

Percintaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa tema ini akan selalu hits sampai kapanpun! Karena tema ini adalah tema yang sangat digemari oleh para remaja. Tema ini biasanya digunakan untuk membuat gombalan ke pasangan. Dan masih banyak lagi sih. Karena itu juga tema ini sangat digemari.

Biasanya jika kita membaca puisi yang bertemakan percintaan kita bisa senyum-senyum sendiri. Itu semua efek dari permainan emosi dalam sebuah Puisi.

Dan jangan salah! Tema ini juga bisa dibawakan dalam versi sedih loh! Jadi para sobat Aksara Jingga gak akan pernah bosen deh sama tema ini!

Siapa nih yang suka banget juga sama materi ini?!

Pertemanan / Persahabatan

Ini adalah tema yang paling sering digunakan oleh di antara kalian saat membuat puisi. Sebagaimana kita tahu, sahabat adalah sosok yang setia mendampingi dan mendengarkan keluh kesah kita, terlebih sahabat tentu saja seusia dengan kita, sehingga kita bisa mencurahkan isi hati dan sekadar membicarakan segala hal dengan santai tanpa merasa sungkan. Dengan adanya sahabat, kita tentu saja merasa terkesan dengan kehadirannya. Kita akan merasa bahagia akan momen-momen indah bersamanya.

Kalian bisa juga mencurahkan perasaannya terhadap sahabat melalui untaian puisi yang sarat kata-kata indah. Kalian bisa mengingat-ingat kembali momen-momen yang paling mengesankan, entah pada saat berlibur bersama, bermain bersama, belajar bersama, bahkan pada saat menghadapi saat-saat pahit bersama. Selain itu, kalian juga bisa deskripsikan perilaku sahabat-sahabat terhadap kalian, menggambarkan betapa ramah dan baiknya sahabat sehingga kalian tentu saja merasa cocok saat berada di sampingnya. Kalian dapat menghayati apa yang dirasakan seakan-akan ada sahabat di depan mata melalui goresan pena yang sarat kata dan diksi indah. Kalian tentu saja merasa tenang dan terhibur saat menulis puisi yang bertema persahabatan, dijamin atmosfernya berbeda, coba aja sendiri.

Keluarga

Kalian mungkin sudah gak asing dengan tema ini. Mulai dari kecil, ketika kita mendapat tugas untuk membuat atau pun membaca puisi, tema ini menjadi tema yang paling umum digunakan. Contohnya saja tentang ibu, tentang ayah, pun tentang lainnya. Bukan begitu? Hahahaha!

Nah, mungkin karena itu juga membuat tema ini menjadi tema yang hits. Eits, eits! Jangan mikir karena yang dibahas sebelumnya menyinggung soal ibu dan ayah, itu menjadi hal utama dalam puisi yang bertemakan kekuarga. Tema keluarga gak selamanya soal itu, kok. Yah, namanya juga tema keluarga. Pasti banyak, lah anggota keluarga lain seperti kakak atau adik. Puisi bertemakan keluarga mencakup banyak sekali hal. Misalnya jika kalian membuat puisi mengenai broken home, itu juga termasuk dalam tema keluarga. Atau mengenai hangatnya keluarga. Atau juga contoh lain mengenai dirimu dan seseorang yang bertindak seperti keluarga.

Kenangan

Siapa nih sobat aksara jingga yang suka galau? Ayo ngakuu!!

Kenangan tentu saja masuk dalam tema hits. Kalangan remaja gak asing banget sama tema ini. Galauin mantan, pasti ingat kenangan berakhir bikin puisi. Galauin teman prenjon yang tiba-tiba dapet pacar, pasti buat lagi puisi tentang kenangan. Nih, nih, yang paling banyak, nih. Lost Contact! ‘Malamku yang dulunya dipenuhi akan dentingan dari pesanmu, kini lenyap ditelan bumi.’ Aduhayyy anak virtual!

Masa Kecil

Ada yang unik loh dengan tema ini! Tema ini bisa dibilang kumpulan dari berbagai macam tema. Karena dalam tema masa kecil akan ada tentang keluarga, pertemanan, kenangan, percintaan dan lain-lainnya. Jadi tema ini adalah tema yang sangat kompleks!

Karena ke kompleks an tema ini banyak orang yang memakai tema ini, dan karena itu pula kalian harus membawakannya dengan sangat baik agar tidak membosankan.

Nah itu dia materi kali ini tentang 6 Tema Puisi Terhits Tahun Ini! Semoga kalian semua bisa memahaminya ya! Untuk membuat kalian lebih simpel dalam mengerti materi ini, mari kita masuk ke rangkuman!

Rangkuman

Ini dia tema-tema terhits tahun ini!
  • Liburan. : Tema ini sangat cocok di masa masa kembali masuk sekolah. Jadi cocok banget deh buat sekarang ini!
  • Percintaan. :Ini adalah tema yang tidak pernah tidak membosankan!
  • Pertemanan / Persahabatan. : Teman ini adalah tema yang sangat memainkan emosi.
  • Keluarga. : Tema ini bersifat agak pribadi namun sangat seru!
  • Kenangan. : Kenangan indah? Buruk? Bisa kalian ceritakan disini!
  • Masa Kecil. : Jatuh di got? Bertemu teman? Gak naik kelas? Itu semua bisa kali curahkan disini!
Itu dia materi dan rangkuman kali ini! Semoga kalian semua Suka ya! Dan semoga juga kalian bisa memahami semua materinya! Salam Literasi dan mari Bertumbuh Beraksara Bersama Jingga! Bye bye!

1 Comments

Previous Post Next Post