Judul Cerpen Kamu Jadul? Yuk Pakai Cara Ini!

Editor: Ravi, Kyfana

Hai hai hai! Sobat Aksara Jingga! Balik lagi nih sama Mimin! Dan sekarang kita udah masuk ke materi cerpen yang kedua! Gak kerasa ya!

Di materi kedua ini Mimin bakal kasih tau cara-cara agar judul cerpen mu tidak jadul atau membosankan. Yuk kita simak materinya!

  1. Pemakaian satu kata yang menggambarkan semuanya.
  2. "Maksudnya gimana tuh min?"

    Maksudnya tuh gini, misalkan cerpen kalian isinya menggambarkan banyak tokoh, kalian bisa menggunakan kata-kata seperti "Kami", atau "Kita", atau "Semua" 

    Nah contoh nya seperti itu! 

    Kalian paham? Belum? Yaudah mimin kasih contoh lagi ya! Jika cerpen kalian isinya tentang kebaikan seseorang kepada orang lain, sobat Aksara Jingga bisa memakai judul "Kasih", atau "Baik", atau juga "Berkat". 

    Seperti itu sobat Aksara Jingga! Jadi kalian bisa memakai satu kata yang menggambarkan keseluruhan cerpen sobat Aksara Jingga!

  3. Pemakaian Kata Estetik
  4. Ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk judul kalian. Sekarang apa-apa pasti estetik—bahkan judul pun seperti itu.

    Kalian sudah tau arti estetik, kan? Secara garis besar estetik itu segala hal mengenai keindahan. Kalau estetik dalam kata tuh mirip-mirip dengan kata-kata puitis.

    Misalnya, ‘Nayanika’ atau seperti yang ada pada judul buku karya tere liye ‘Rembulan tenggelam di wajahmu’ dan lain-lain.

    Pokoknya bagus banget kalau kalian menggunakan kata estetik dalam judul kalian!

  5. Menggunakan nama orang. (Jika isi cerpen untuk penyampaian)
  6. Untuk cara yang ketiga ini sobat Aksara Jingga bisa pakai jika isi puisinya berisikan penyampaian terhadap seseorang.

    Contoh judulnya seperti "For Melissa", atau "dear Lucas", dan lain-lainnya!

    Jadi seperti itu ya!

    Penggunaan nama orang seperti ini juga sudah sangat banyak dipakai! Namun belum termasuk judul yang jadul!

  7. Menggunakan Bahasa Inggris, atau bahasa asing yang banyak diketahui orang-orang.
  8. Dan ini adalah cara yang ke 4 cara ini bisa dibilang efektif loh! Karena terbukti penggunaan bahasa asing itu bisa membuat seseorang bisa menjadi lebih penasaran. Dan juga jika bahasa asing yang kamu pakai itu tidak terlalu sering terdengar. Sehingga, para pembaca akan mencari tau apa arti dari judul karyamu itu! Dan lanjut membaca karya cerpen mu!

    Apalagi padat zaman saat ini bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya sedang berkembang dengan sangat pesat! Jadi benar-benar cocok deh kalau kalian pakai cara ini!

    Jadi cara ini di pakai ya!

  9. Memakai bahasa gaul.
  10. Cara yang kelima ini sudah sangat sering di pakai kan?! Kenapa banyak yang pakai metode ini ya?

    Mari kita bedah!

    Karena bahasa gaul sangat populer, banyak orang yang memakai kata-kata itu untuk judul karyanya. Dan juga karena isi karyanya sama seperti arti dari bahasa gaul tersebut.

    Metode yang ini oke banget deh untuk di coba! Mimin aja bakal pakai ini untuk cerita Mimin selanjutnya! Hahahahaha

  11. Memakai judul yang agak panjang untuk menggambarkan isi cerpen.
  12. Poin terakhir ini juga sangat bagus teman-teman. Karena menggunakan judul yang seperti ini bisa menggelitik rasa penasaran jauh lebih besar. Misalnya saja isi cerpen kalian itu bercerita orang yang dicintai si tokoh utama sudah seperti semesta baginya, tapi sayang perbedaan keyakinan membuat mereka tidak bisa bersama. Kalian bisa membuat judul seperti ‘Tentang Semesta dan Pencipta’.

    Atau pun contoh lain seperti ketika cerpen kalian menceritakan bagaimana ketika seorang introvert jatuh cinta. Kalian bisa menggunakan ‘Ketika Introvert sedang Jatuh Cinta’. atau jika mau lebih bagus dan menarik, kalian bisa menggunakan bahasa inggris  (seperti pada poin ketiga) menjadi ‘When Introvert falling in Love’.

    Banyak orang-orang yang tertarik menggunakan judul seperti ini. Karena judul yang seperti ini membuat orang-orang yang membacanya jadi tau tentang isi cerita seperti “Oh, ini cerita tentang ini.” yang membuat mereka seperti diundang langsung untuk membaca isi ceritanya.

    Mimin yakin kalian gak bakalan rugi deh make judul yang seperti ini!


Gimana materi kali ini?! Masih belum paham? Yasudah Mimin buatin rangkumannya deh! Mari kita langsung masuk ke rangkumannya!

Rangkuman.

  • Pemakaian satu kata yang menggambarkan semuanya: kalian bisa menggunakan satu kata yang mewakili cerpen kalian, seperti cerpen kalian menggambarkan kebaikan seseorang kalian bisa menggunakan kata ‘Berkat’ sebagai judul.
  • Pemakaian kata estetik: estetik itu garis besarnya hal yang berkaitan dengan keindahan. Kata-kata yang terlihat indah dimata kalian seperti halnya kata puitis akan sangat bagus jika dijadikan judul.
  • Menggunakan nama orang (Jika isi cerpen untuk penyampaian): Ini menjadi pilihan terbaik karena orang yang membaca judul seperti ‘Dear Lucas’ akan langsung merasakan rasa penasaran.
  • Menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa asing yang banyak diketahui orang-orang: selalunya bahasa inggris dan bahasa asing menjadi daya tarik sendiri bagi orang-orang. Sangat bagus untuk digunakan sebagai judul.
  • Memakai bahasa gaul: Bahasa gaul sangatlah bagus dijadikan judul karena selain populer, arti dari bahasa gaul itu sama seperti isi karyanya.
  • Memakai judul yang agak panjang untuk
  • menggambarkan isi cerpen: menggunakan judul yang seperti ini bisa mengundang rasa penasaran lebih besar karena orang yang membaca judul seperti ini seperti tengah diundang langsung untuk membaca isi cerita.
  • Dan itu dia rangkuman pada materi kali ini! Semoga sobat Aksara Jingga bisa memahaminya ya! Jangan lupa untuk terus baca materi nya agar lebih mudah untuk dipahami.

Tidak terasa kita sudah di ujung materi kali ini, sekian dari Mimin. Dan Mari Bertumbuh Beraksara Bersama Jingga! Sampai Jumpa!

Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

Post a Comment

Previous Post Next Post