Bingung Buat Ending Cerpen? Yuk Intip Caranya!

Editor: Ravi

Halo halo sobat Aksara Jingga ketemu lagi bersama Mimin pada artikel kali ini! Sesuai pada judul pada artikel kali ini Mimin akan membahas tentang cara membuat ending cerpen. Kira kira banyak gak ya caranya? Terus susah gak sih?

Jawabannya harusnya tidak susah karena ini semua akan kalian jalani memakai hati. Dan cara-cara yang akan Mimin berikan kali ini, adalah cara-cara yang Mimin sudah pernah lakukan, dan terbukti sukses! Jadi jangan ragu lagi ya! lalu ada satu lagi nih! Cara yang akan Mimin sampaikan adalah cara-cara yang tidak terlalu susah loh! Jadi kalian bisa untuk mengikutinya! Dan mari kita bahas lebih lanjut!

Membuat Ending Sesuai Permintaan Pembaca

Ya pada cara yang pertama ini sudah sangat jelas bagaimana cara untuk melakukannya. Biasanya para pembaca akan komen-komen pada cerita kalian untuk meminta dibuatkan cerita sesuai ending yang mereka inginkan, dan contohnya seperti ini!

Thor matiin antagonis nya dong, buat mereka nikah! Dan lain sebagainya. Terus terus kita harus ikutin kata pembaca kita terus dong?

Tidak seperti itu, kalian boleh saja mengikuti permintaan para pembaca kalian, tapi kalian juga boleh untuk membuat seperti versi kalian. Karena kan kalian penulisnya, kalian lah yang berhak untuk meluapkan emosi kalian di sana. Namun tidak ada salahnya juga untuk kalian mengikuti permintaan pembaca kalian. Karena itu bisa membuat para pembaca kalian lebih senang. Tapi kalian juga harus ikhlas untuk itu ya!

Pada cara yang pertama ini adalah cara yang paling basic jadi kalian bisa cobain deh!

Membuat Ending Imajinasi

Ending imajinasi? Ending imajinasi itu apa min?

Ya yang dimaksud dengan ending imajinasi adalah sebuah ending yang sangat ber plot twist jadi ending kamu sangat berisikan plot twist. Dan itu bisa kalian tebarkan mulai dari awal cerpen kalian loh! Jadi cerpen kamu tidak membosankan.

Cara ini sukses membuat banyak penulis menjadi lebih dipandang, karena dapat menghasilkan karya yang luar biasa dan memiliki plot twist dengan sangat baik. Tapi, jangan sampai plot twist yang kalian buat malah menghancurkan cerita kalian ya!

Contoh ending plot twist itu gimana sih min?

Oke oke Mimin kasih contoh ya.

Yang pertama seperti seorang kakak beradik yang ternyata bukan saudara kandung, seseorang yang ternyata memiliki kembaran, ataupun kejadian kejadian dimasa lampau yang bisa membuat pembaca kalian terkejut.

Ending ber plot twist ini adalah ending yang sangat Mimin suka, karena masih lumayan jarang ditemukan. Apalagi pada cerpen. Karena sangat tricky untuk membuatnya. Pada cara kali ini memerlukan skill yang cukup baik agar cerita kalian tidak gagal. Jadi teruslah belajar ya!

Membuat Ending Sesuai Kemauan Pribadi

Nah ini dia cara yang ketiga, membuat ending dengan kemauan pribadi kalian. Isi endingnya juga beragam sesuai dengan kemauan kalian masing-masing mulai dari ber plot twist, menggantung, selesai dan lain sebagainya. Itu semua bisa kalian atur dengan kemauan kalian sendiri.

Luapkan semua emosi, dan pikiran kamu pada ceritamu! Apalagi untuk membuat ending. Jangan takut-takut, dan teruslah berusaha agar ceritamu bisa lebih baik lagi!

Membuat ending dengan kemauan sendiri adalah cara paling dasar, dan cara termudah menurut Mimin. Dan pastinya kalian akan bisa melakukan cara ini! Yang penting kalian harus memiliki kepercayaan diri ya!

Membuat ending dengan cara seperti ini juga sudah sangat sering kita jumpai, bahkan ini adalah cara yang pastinya kita lakukan bukan? 60-80% cerpen yang Mimin miliki saja menggunakan cara ini loh untuk membuat endingnya. Dan itu tidak membuat hasil karya cerpen dari Mimin tidak bagus, atau pun tidak menarik. Yang penting sobat Aksara Jingga harus pintar-pintar membuat suasana, atau permainan emosi pada cerpen yang kalian miliki

Membuat Ending dengan Banyak POV

Ending dengan cara seperti ini memang sangat jarang kita temui di cerpen-cerpen saat ini, namun cara ini juga masih bisa kalian gunakan loh! Cara ini juga bisa menjadi cara yang sangat ampuh dan sangat menarik. 

Cara seperti biasanya digunakan dalam beberapa novel, film, ataupun cerita-cerita lainnya. Itu semua bisa kalian lihat dari beberapa judul film maupun novel kekinian saat ini.

Membuat ending dengan cara seperti ini memang sedikit tricky karena kita harus memainkan emosi pembaca dari pertengahan cerita hingga ke akhir cerita, atau ending cerita kita.

Sejujurnya, Mimin juga akan pakai cara ini untuk karya cerpen Mimin berikutnya loh! Karena cara ini bisa sangat efektif dan bisa membuat para pembaca cerita kita merasa lebih tertarik dengan cerita yang kita bawakan. Dan menurut Mimin pula cara ini yang paling menggiurkan untuk Mimin coba kedepannya, mari kita bersama belajar di Aksara Jingga!

Dan itu dia materi pada kali ini! Bagaimana? Bermanfaat bukan? Teruslah berkarya agar jam terbang mu semakin lama dan kamu bisa semakin menguasai semua teknik-teknik dalam menulis cerpen, novel, dan karya-karya lainnya. Kembangkan terus bakat sobat Aksara Jingga ya! Jangan pantang semangat! Teruslah berusaha dan mencoba agar sobat Aksara Jingga memiliki jam terbang yang lebih lama lagi, dan memiliki pengalaman yang me mumpuni.

Karena bekal bekal kalian untuk kedepannya adalah pengalaman, tanpa pengalaman kalian tidak akan bisa berbuat apa-apa.

Itu saja yang bisa Mimin berikan pada materi kali ini, sampai bertemu pada artikel-artikel berikutnya. Teruslah berkarya! Salam literasi! Dan mari bertumbuh beraksara bersama jingga! Sampai jumpa!

Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

Post a Comment

Previous Post Next Post