Gak Bisa Pilih Tema untuk Cerpen-mu? Ini Dia Solusinyanya!

Editor: Ravi

Halo halo sobat Aksara Jingga! Mimin balik lagi nih dengan judul artikel yang berbeda! Sebelumnya kita udah bahas tentang ending cerpen, sekarang kita bakal bahas tentang tema untuk cerpen sobat Aksara Jingga loh!

Sebelum masuk ke materinya, kalau sobat Aksara Jingga denger kata tema langsung kepikiran apa? "Romansa? Komedi? Horor?" Pasti kebanyakan orang mikirnya kayak gitu ya! Tanpa banyak basa-basi lagi mari kita masuk ke materinya!

Pilih Tema yang Sudah Kamu Kuasai

Nah solusi pertama adalah memakai tema yang sudah kamu kuasai! Atau juga tema yang sering kalian gunakan. Pasti di antara sobat Aksara Jingga banyak kan yang membuat cerpen atau cerita lainnya dengan satu tema saja? Mimin yakin banyak deh! Itu tidak apa-apa karena itu bisa menambah jam terbang mu dulu. Ya walaupun pasti kadang junub. Jadi kalau bisa sobat Aksara Jingga sambil belajar tentang tema yang lainnya ya!

Pemakaian tema yang sudah dikuasai adalah cara yang paling dasar dan aman! Dan cara ini juga bisa dibilang efektif karena sudah banyak terbukti. Karena jika kita menggunakan tema yang sudah biasa kita pakai kita akan lebih leluasa untuk meluapkan seluruh pikir, emosi, dan perasaan kita. Benar kan?

Pemakaian tema seperti ini juga adalah cara yang paling nyaman menurut Mimin, dan ini adalah cara yang paling sering para penulis lainnya gunakan loh!

Menggunakan Tema yang Sedang Viral

Ya cara yang kedua ini adalah cara yang sudah sangat terbukti efektif. Karena banyak sekaligus cerita yang viral karena memakai tema yang sedang viral di dalam media sosial. Seperti kasus percintaan, kejadian seram dan lain sebagainya. Dan itu tidak menjadi masalah ya! Yang penting kalian harus menjaga attitude kalian untuk tidak plagiat ataupun tidak membuat suatu pihak dirugikan atau membuat suatu pihak merasa tidak enak.

Kenapa sih cerita yang menggunakan tema seperti ini lebih gampang untuk viral? Jawabannya karena cerita ini bisa sekalian terbawa dalam pembicaraan yang ada di dalam media sosial.

Dan cara ini juga bisa menjadi bagian dari cara promosi karya kalian!

Ingat ya sobat Aksara Jingga, jangan sampai kalian merugikan suatu pihak! Walaupun kalian memakai berita yang sedang viral ada baiknya kalian meminta izin terlebih dahulu, ataupun mengganti nama pemain agar tidak menyakiti hati suatu pihak lainnya. Karena jika sobat Aksara Jingga menyakiti pihak lain, bisa saja cerpen sobat Aksara Jingga yang akan mendapatkan nilai minus dari para pembaca. Dan itu bisa membuat karya kalian tidak dipandang baik lagi.

Carilah Tempat atau Situasi yang Membuat Nyaman

Lalu yang ketiga, kalian bisa menggunakan solusi tempat yang nyaman. Biasanya kita tidak bisa memilih tema karena bosan, atau sedang banyak pikiran. Maka dari itu carilah tempat atau situasi yang tepat dan bisa membuat kalian nyaman dalam membuat karya kalian.

Dengan menggunakan cara ini kalian bisa lebih melancarkan kinerja otak sobat Aksara Jingga dan membuat sobat Aksara Jingga menjadi lebih mudah dalam menuangkan segala emosinya. Dan nanti dengan sendirinya tema pun akan muncul di dalam benak sobat Aksara Jingga.

Untuk Mimin sendiri biasanya memilih untuk menulis di tempat yang sunyi, dan sambil mendengarkan lagu atau pun suatu hal yang bisa menenangkan hati. Karena, jika hari tidak tenang biasanya hasil dari karya kita bisa menurun loh! Jadi atur terus isi hati sobat Aksara Jingga dan tenangkan jiwa sobat Aksara Jingga bisa lebih bisa berfikir positif.

Minta Bantuan oleh Pembaca

Cara yang keempat ini sudah lumayan banyak dilakukan oleh para penulis terkenal, karena pasti terkadang mereka kehabisan ide untuk membuat cerpen atau karya yang baru. Dan karena itu mereka akan meminta bantuan, atau ide kepada para pembaca mereka. Pasti sobat Aksara Jingga pernah melihat kejadian seperti ini kan? Tidak mungkin deh kalau tidak pernah melihat kejadian seperti ini.

Karena banyak sekali di cerita-cerita terkenal ada beberapa part sisipan dengan isi "kira kira, buat part selanjutnya bakal bagaimana ya?" "Next cerpen kalian mau tentang apa?" Dan lain sebagainya. Itu semua adalah hal yang sangat wajar dan kalian boleh menerapkan itu di cara menulis kalian. Dengan meminta bantuan pula kalian bisa membuat pembaca kalian merasa dibutuhkan atau merasa senang. Dan para pembaca pun akan memberikan hal yang positif pula jika masukan darinya kamu pakai dan menghasilkan hasil karya yang memuaskan.

Bukan hanya pada cerpen saja, cara seperti ini juga sering digunakan oleh para penulis novel loh! Jadi jangan takut untuk mencoba cara ini ya!

Nah itu dia materi pada artikel kali ini, bagaimana? Sudah paham? Kalau sudah, sampai disini saja materi yang bisa Mimin sampaikan pada artikel kali ini. Semangat terus, jangan cepat menyerah! Terus belajar! Terus cari pengalaman di dalam dunia kepenulisan, agar kalian bisa menjadi lebih baik lagi. Carilah jam terbang dan banyak pengalaman, agar hidup kalian lebih bermakna. Kira kira abis ini Mimin akan bahas tentang apa lagi ya?! Komen dibawah! 

Jangan lupa untuk terus baca website dan follow website Aksara Jingga untuk mendapatkan ilmu-ilmu bermanfaat lainnya ya! Dan jika kalian follow website kami kalian akan mendapatkan notifikasi setiap kami mengupload artikel-artikel terbaru kami! Salam literasi! Dan mari bertumbuh beraksara bersama jingga! Sampai jumpa!

Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

Post a Comment

Previous Post Next Post