5 Tips Mengontrol Emosi Saat Membuat Cerita!

Tips Mengontrol Emosi Saat Membuat Cerita

Editor : Ravi

Halo halo sobat Aksara Jingga ketemu lagi nih sama Mimin, pada artikel kali ini kita akan membahas tips untuk mengontrol saat membuat cerita. Ini semua harus kalian lakukan agar cerita kalian tidak terlalu over ataupun terlalu simpel loh! 

Karena itu lah Mimin mau memberikan tips-tips terbaik untuk semua sobat Aksara Jingga. Jadi jangan sekali-kali baca setengah-setengah ya! Agar materi yang Mimin sampaikan bisa kalian pahami dengan baik. 

Ya, materi ini bisa kalian pakai dalam pembuatan Novel, Cerpen, Puisi, dan karya-karya tulis lainnya loh! Jadi memang sangat bermakna deh untuk sobat Aksara Jingga! Mangkanya terus baca materi-materi yang kita siapkan di website kami. Yaitu aksara jingga. Karena kita akan menyediakan banyak sekali materi seputar kepenulisan untuk kalian Semuanya.

Sebelum masuk ke tipsnya mimin akan jelaskan sedikit apa yang dimaksud tentang luapan emosi. Ataupun emosi dalam pembuatan cerita ya.

Emosi adalah sebuah perasaan yang dimiliki manusia, banyak penulis yang menjadi menulis sebagai wadah untuk meluapkan segala keluh kesah, dan seluruh emosi yang ia miliki. Namun, untuk mendapatkan karya yang baik kita harus pandai untuk menahan emosi sobat Aksara Jingga. Agara karya yang sobat Aksara Jingga buat tidak over ataupun malah bisa menjadi tidak hidup. Karena sangat membosankan.

Emosi di dalam cerita juga sangat dibutuhkan loh! Karena memang emosi adalah nyawa terpenting di dalam sebuah cerita. 

Tanpa banyak basa-basi lagi mari kita masuk ke materinya!

1. Buatlah Dirimu Senang


Biasanya pada saat sobat Aksara Jingga senang, akan bisa lebih mengatur emosi yang ada. Dan karena itu lebih baik sobat Aksara Jingga membuat diri sobat Aksara Jingga menjadi senang. Bisa dengan cara-cara seperti mendengar lagu kesukaan sobat Aksara Jingga, refreshing, ataupun melakukan semua kegiatan yang sobat Aksara Jingga suka. 

Karena jika sobat Aksara Jingga menulis dalam keadaan yang sedang emosi, biasanya akan susah untuk mengatur luapan emosi tersebut. Itu semua disebabkan karena sobat Aksara Jingga sangat ingin mengeluarkan semua kepenatan atau semua beban pikiran yang ada.

Namun ada kalanya, pada saat itu pula kita bagus untuk membuat cerita. Jadi sesuaikanlah terus kondisi sobat Aksara Jingga ya!

2. Buatlah Cerita yang Sesuai dengan Aliranmu


Agar sobat Aksara Jingga bisa lebih mudah untuk meluapkan segala emosi, dan menahan luapan tersebut buatlah cerita yang sesuai dengan aliran cerita yang sobat Aksara Jingga kuasai ya!

Itu semua bisa memberikan dampak yang sangat positif loh ke sobat Aksara Jingga. Mimin sangat sering menggunakan tips ini karena memang sangat manjur dan sangat mebuah Mimin nyaman untuk terus menggunakan tips yang kedua ini.

3. Buatlah Dirimu Nyaman


Tips yang ketiga ini masih sangat berhubungan dengan tips yang kedua. Untuk membuat diri kita nyaman, kita harus bisa memahami diri kita sendiri. Seperti apa yang sesuai dengan diri kita, bagaimana kondisi hati kita, kondisi pikiran, maupun kondisi fisik kita.

Jika semua itu dalam keadaan yang baik-baik saja kita bisa melakukan pembuatan cerita dengan lebih baik lagi. Dan itu pun secara otomatis membuat kita bisa lebih bisa untuk mengatur luapan emosi yang sobat Aksara Jingga rasakan.

4. Manjakan Dirimu


Tips yang kelima ini adalah tips yang pastinya semua sobat Aksara Jingga inginkan, dan tips ini adalah tips yang dibilang sangat penting loh! Karena dengan kita memanjakan diri kita bisa membuat emosi kita lebih teratur. Dan pembuatan cerita akan lebih lancar dan baik.

Dan karena itu pula cerita yang dihasilkan akan menjadi bagus dan baik.

Sobat Aksara Jingga bisa memanjakan diri sobat Aksara Jingga dengan cara menyiapkan segelas teh, atau carilah tempat yang bisa membuat sobat Aksara Jingga lebih tenang.

Dengan sobat Aksara Jingga memanjakan diri bisa membuat diri sobat Aksara Jingga lebih relax dan lebih tenang. Itu semua bisa membuat sobat Aksara Jingga bisa mengatur luapan emosi yang sekiranya perlu, dan yang tidak diperlukan di dlama sebuah cerita.

5. Buatlah Ketenangan di Dalam Dirimu


Sesuai dengan yang Mimin sebutkan di dalam tips ke 4, bahwa kita harus memenangkan diri kita. Itu semua bisa sobat Aksara Jingga lakukan dari hal yang sangat kecil. Seperti menyemprot pengharum ruangan ataupun lilin aroma terapi. Dan cara lainnya seperti mendengarkan lagu ataupun cara-cara lainnya yang bisa membuat sobat Aksara Jingga tenang.

Dan itulah materi yang bisa Mimin sampaikan pada materi kali ini. Semoga sobat Aksara Jingga bisa memahaminya ya! Dengan semua cara itu sobat Aksara Jingga bisa lebih mengatur luapan emosi sobat Aksara Jingga. Dan juga bisa membuat sobat Aksara Jingga terhindar dari writer's block. Writer's block memang sangatlah ditakuti oleh para penulis karena sangat menyeramkan.

Karena dengan adanya kebutuhan pikiran, kita akan tidak bisa melanjutkan jalan, ataupun alur cerita kita untuk kedepannya. Dan itulah yang membuat banyak sekali cerita, ataupun novel-novel yang memilih untuk Hiatus, atau berhenti.

Untuk menghindari writer's block sobat Aksara Jingga bisa untuk membaca artikel kita yang ada di bawah ini! cek Disini ya!

Sampai sini lah pertemuan kita pada materi kali ini, semoga sobat Aksara Jingga bisa mengerti dan bisa memahami semua isi materi yang ada pada artikel kali ini. Jangan pernah pantang semangat untuk terus berkarya. Teruslah berjuang! Teruslah belajar bersama dengan Aksara Jingga! Carilah banyak pengalaman di dalam dunia kepenulisan agar kalian lebih menguasai banyak teknik dalam kepenulisan. Salam literasi! Dan mari bertumbuh beraksara bersama jingga! Sampai jumpa!
Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

Post a Comment

Previous Post Next Post