Jadi Penulis Itu Enak? Kamu Harus Baca Ini!

Jadi Penulis Itu Enak? Kamu Harus Baca Ini!

Editor : Ravi

Halo halo sobat Aksara Jingga ketemu lagi sama Mimin di materi terbaru nih! Sesuai judul kita akan kupas tuntas tentang rasanya jadi penulis!

Gimana gengs rasanya jadi penulis?
"Capek tau!"
"Enak!"
"Seru!"
"Ngebosenin!"
"Mending turu!"
Warna-warni jelas komentarnya :)

Tetap semangat ya! Setelah baca materi kali ini! Kira-kira enak gak ya jadi penulis! Baca terus sampai akhir Bira sobat Aksara Jingga tau jawabannya!

Tanpa banyak basa-basi lagi mari kita masuk ke dalam materinya

Seru Abis?!

Ya! Kenapa Mimin pakai dua tanda baca? Itu semua karena setiap pendapat akan berbeda. Itu semua berbeda karena latar belakang kalian. Jika sobat Aksara Jingga menulis karena hobi, pasti sobat Aksara Jingga sangat merasa seru dan sangat menyenangkan. 

Namun jika karena adanya tuntutan lain dan terpaksa, maka kalian bisa saja akan merasa jenuh dan tidak enjoy dalam pembuatan karya tulis tersebut.

Maka dari itu buatlah sesuatu hal dari hal-hal yang sobat Aksara Jingga suka! Agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang sobat Aksara Jingga inginkan

Contohnya seperti membuat cerita atau karya tulis dengan tema yang sobat Aksara Jingga suka, dan jenis karya tulis yang sobat Aksara Jingga sukai ataupun kuasai. Itu semua bisa menambah hal baik loh dalam penulisan sobat Aksara Jingga.

Harus Banyak Sabar

Harus banyak sabar? Maksudnya? Ya karena setiap karyamu tidak pasti selalu di sukai oleh semua pembaca. Maka dari itu sobat Aksara Jingga harus sabar dan harus terus berusaha. Jangan karena ada yang tidak suka dengan karya sobat Aksara Jingga, malah membuat sobat Aksara Jingga menjadi drop ataupun tidak semangat lagi untuk membuat karya-karya yang lainnya.

Apalagi saat ada yang mengomentari hal yang tidak mengenakkan dalam karya sobat Aksara Jingga, sobat Aksara Jingga harus terus tetap semangat dan harus tetap berjuang agar bisa terus mengembangkan potensi sobat Aksara Jingga.

Bagaimana? Kalian sudah tau bagaimana rasanya jadi penulis? Tetap semangat ya!

Sobat Aksara Jingga juga pasti akan sangat senang karena pasti tidak semua orang akan mengomentari hal negatif pada cerita ataupun karya tulis kalian yang lainnya. Jadi terus pertahankan penulisan kalian ya.

Pendapatan yang Bisa Fantastis

Nah ini adalah kabar baik untuk sobat Aksara Jingga!

Jika kalian adalah seorang penulis terkenal atau sedang naik daun, sobat Aksara Jingga akan mendapatkan pendapatan yang bagus loh! Itu semua disebabkan karena panggilan dari banyaknya penerbit di Indonesia bahkan bisa saja dari luar negeri.

Jadi teruslah berkarya agar kalian bisa mendapatkan pengalaman dan juga ilmu yang semakin banyak. Percayalah lambat lain sobat Aksara Jingga pasti akan bisa dipanggil oleh penerbit.

Pendapatan yang di maksud itu berapa sih min?

Itu semua beragam ya! Sesuai dengan penerbit nya! Ada yang mendapatkan komisi sebesar 20% per buku atau yang paling kecil di komisi 5-6% per buku yang terjual. Jadi itu bisa lumayan bisa mendapatkan pendapat yang bagus loh!

Ataupun jika kamu bisa menjadi editor di suatu penerbit kalian bisa dibayar hingga puluhan ribu bahkan ratusan ribu loh perbukunya! Dan itu semua tetap berdasarkan penerbit nya ya!

Gimana? Sangat menarik bukan? Ayo terus eksplorasi dunia kepenulisan karena dunia kepenulisan sangatlah besar. Ataupun kalian bisa menjadi penulis naskah kalian akan mendapatkan bayaran yang besar pula loh!

Mendapatkan Relasi yang Sangat Banyak

Ya karena dunia kepenulisan sangatlah luas, kita akan bisa mendapatkan relasi yang banyak dan menyebar di manapun itu semua terjadi atas diri sobat Aksara Jingga juga ya! Jika sobat Aksara Jingga tidak meng eksplorasi dunia yang sangat luas ini ya sobat Aksara Jingga akan berhenti di titik seperti saat ini saja.

Kalian bisa menemukan semua relasi tersebut dalam banyak grup kepenulisan, organisasi kepenulisan dan di dalam aplikasi-aplikasi lainnya. 

Bahkan dari relasi itu kalian juga bisa mendapatkan penghasilan loh! Jika sobat Aksara Jingga bisa menemukan relasi yang bagus dan benar sobat Aksara Jingga akan mendapatkan pengalaman yang bagus juga bahkan penghasilan akan datang dengan sendirinya loh!

Kesimpulan dari mimin dunia kepenulisan sangatlah menyerukan dan bisa membuat Mimin enjoy di dalam sana. Apalagi di dalam komunitas Aksara Jingga. Sobat Aksara Jingga pasti akan mendapatkan kesenangan dan ilmu yang bernama di sana. Itu semua bisa kalian dapatkan jika kalian tetap berusaha ya!

Jadi kenapa harus berpikir dua kali untuk menjadi seorang penulis profesional? Jika kalian akan mendapatkan segala benefit tersebut. Yang penting kalian harus melakukan itu semua dengan ikhlas dan itu bisa membuat sobat Aksara Jingga merasa nyaman dan suka di dalam dunia kepenulisan ini.

Itu saja materi yang bisa Mimin sampaikan pada artikel kali ini. Teruslah berusaha, teruslah mencari banyak relasi agar sobat Aksara Jingga bisa mendapatkan kebaikan di dalam dunia kepenulisan ini.

Semangat terus dan jangan lupa untuk terus baca materi-materi terbaru dari Aksara Jingga. Jangan lupa follow website ini dan semua social media Aksara Jingga untuk mendapatkan notifikasi terbaru dari kami!

Ingat jangan memiliki tujuan yang tidak baik ya di dalam dunia kepenulisan! Agar kalian bisa mendapatkan yang baik pula.

Sekian pada materi kali ini, semoga kalian tidak kapok, dan tidak menyesal, tetap semangat, salam literasi! Dan mari bertumbuh beraksara bersama jingga! Sampai jumpa semuanya!
Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

Post a Comment

Previous Post Next Post