Dampak-dampak Terbesar Writer's Block!

Dampak-dampak Terbesar Writer's Block!


Editor : Ravi

Hi sobat Aksara Jingga, pada artikel kali ini Mimin akan menerangkan tentang dampak-dampak dari writer's block! Dampaknya sangat besar?! 

Ya! Dampak writer's block sangatlah besar itu semua terjadi karena banyak hal! Jadi sobat Aksara Jingga harus menjauhi writer's block ya! Caranya gimana min?

Untuk cara menghindari writer's block bisa kalian cek pada artikel Aksara Jingga loh! Kita sudah jelaskan untuk semua sobat Aksara Jingga! Klik Disini!

Sebelumnya sobat Aksara Jingga tau tidak nih apa yang dimaksud dengan writer's block?

Writer's block adalah sebuah kebuntuan imajinasi seorang penulis saat membuat sebuah karya-karyanya. Bisa pada karya novel, cerpen, puisi, lagu dan lain-lainnya.

Terus dampak-dampaknya apa saja min?

Oke tanpa banyak kalimat lagi, mari kita bahas bersama-sama.

1. Jenuh Menulis

Ya! Dampak yang pertama ini akan muncul jika kalian sebagai penulis sering bertemu dengan writer's block. Biasanya untuk para penulis yang sangat sering mendapatkan writer's block akan mulai merasa jenuh!

Ingat, jenuh bukan berarti berhenti ya.

Jenuh adalah suatu tantangan yang sudah sangat sering dialami oleh para penulis! Itu semua bisa terjadi dengan berbagai macam alasan loh! Bisa karena writer's block, kesalahan pemilihan tema, dan masih banyak lagi loh!

Jadi sobat Aksara Jingga harus tetap semangat ya! Jangan sampai sobat Aksara Jingga malah bertemu dengan writer's block!

Kalau menurut Mimin, writer's itu bukan hanya kebuntuan, namun bisa menjadi sebuah akhir dari cerita tersebut. Karena sudah tidak adanya rasa keinginan untuk melanjutkan atau jenuh.

2. Karya Tidak Berlanjut.

Seperti yang sobat Aksara Jingga pahami, jika kita terkena writer's block akan menyebabkan berhentinya sebuah karya, atau pemberhentian sementara pada pembuatan sebuah karya.

Ini semua sangat berperan penting di dalam cerita mu! Dan sangat fatal loh.

Jika kamu berhenti sebentar saja untuk tidak melanjutkan karya karena writer's block bisa membuat kebuntuan kamu semakin parah.

Dan akhirnya cerita sobat Aksara Jingga tidak akan berlanjut lagi. Sangat sedih melihat banyak penulis yang merasakan hal seperti ini. Karena writer's block sangat lah sulit untuk dihindari.

3. Penurunan Kepercayaan Pembaca

Lalu, yang ketiga adalah penurunan kepercayaan pembaca terhadap karya-karya sobat Aksara Jingga.

Kok bisa min? 

Sangat bisa! Masih berhubungan dengan poin ke dua, yaitu karya tidak berlanjut.

Dan karena itu, biasanya para pembaca akan mulai kesal dan tidak percaya kepada sobat Aksara Jingga lagi. Mereka bisa saja berpikir di cerita kedepannya sobat Aksara Jingga akan melakukan hal yang sama. Dan akhirnya para pembaca sobat Aksara Jingga memilih untuk tidak membaca cerita dari sobat Aksara Jingga. 

Kenapa begitu ya?

Ya itu semua agar mereka tidak merasa tergantung di dalam cerita yang tidak berlanjut. 

4. Rusaknya Namamu

Yang keempat ini sangat bisa terjadi jika sobat Aksara Jingga merasakan writer's block. Karena pasti para pembaca akan mulai membahas kalian.

"Ih kesel deh! Author yang ini malah gak upload lagi!"

Nah ini sangat krusial loh untung seorang penulis. Karena bisa saja berita itu makin menyebar dan malah membuat namamu rusak atau pun jadi turun. 

Itu semua bisa terjadi ketika jika sudah ada penurunan kepercayaan dari para pembaca karya-karya sobat Aksara Jingga.

5. Berhenti Menulis

Dan yang terakhir adalah berhenti menulis karya-karya lagi! Atau bisa disebut dengan vakum dari dunia kepenulisan.

Pada poin kelima ini bisa kita bagi menjadi dua loh!

Yang pertama adalah berhenti sementara!

Pada yang sementara ini biasanya para penulis mulai berpikir untuk melanjutkan karirnya dengan cerita yang baru.

Biasanya waktu senggang ini dimanfaatkan untuk membuat ide-ide cemerlang yang bisa saja dituangkan di karya selanjutnya. Dan ini sangatlah sering terjadi loh! Namun walaupun berhenti sementara saja sangat bisa membuat karirmu goyah loh! 

Itu semua karena ada pada kepercayaan yang menurun dari pembaca lagi! Jadi usahakan jangan sampai vakum ya!

Dan yang kedua adalah berhenti menulis selama-lamanya. Ini adalah dampak terbesar yang dikarenakan oleh writer's block. Dan ini sangat menyedihkan untuk Mimin.

Karena hanya karena writer's block seorang penulis bisa saja langsung tidak mendapatkan moodnya kembali dan memutuskan untuk memberhentikan karir menulisnya.

Dan itu bisa saja membuat para pembaca kecewa, dan juga bisa membuat dirinya sendiri merasakan kekecewaan yang sangat amat mendalam. Itu semua terjadi karena ia merasa gagal menjadi seorang penulis.

Keputusan yang sangat berat ini juga sering diambil sebagai langkah akhir para penulis di dunia ini. Namun menurut Mimin separah nya writer's block sobat Aksara Jingga pasti akan ada jalan keluarnya loh! Sobat Aksara Jingga bisa saja membuat cerita yang baru dan merintih karya tersebut dari 0 kembali.

Langkah seperti ini adalah langkah yang paling tepat menurut Mimin.

Ya! Dan itu dia materi pada artikel kali ini. Semoga sobat Aksara Jingga bisa memahami isi pada materi kali ini. Jika Mimin boleh memberi saran, jangan sampai kalian berhenti dari dunia kepenulisan ya!

Karena menurut Mimin dunia kepenulisan adalah dunia yang sangat bisa membuat banyak orang nyaman, karena bisa meluapkan semua emosi di dalam kehidupan yang kalian punya! Teruslah berusaha! Dan bersama-sama belajar seputar dunia kepenulisan bersama kami.

Sekian lah materi pada artikel kali ini, writer's block memang sangat menakutkan bagi banyak penulis, dan itu juga yang Mimin sering rasakan. Namun kita harus tetap berusaha! Dan mari bertumbuh beraksara bersama Jingga! Salam literasi! Sampai jumpa!
Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

1 Comments

Previous Post Next Post