Cara Agar Konsisten Menulis

Cara Agar Konsisten Menulis

Cara Agar Konsisten Menulis - AksaraJingga.Com
Cara Agar Konsisten Menulis - AksaraJingga.Com

Editor: Ravi

Hallo sobat Aksara Jingga, kali ini kita akan membahas tentang cara-cara agar kita bisa konsisten dalam menulis cerita atau novel atau lain sebagainya.

Sebelum masuk ke materinya Mimin mau nanya nih. 

Sobat Akasara Jingga pernah gak berhenti menulis karena sudah tidak ada ide?

Kalau pernah materi ini cocok banget loh untuk kalian! Mari kita masuk ke materinya.

Buatlah Cerita Dari Genre Yang Kalian Kuasai dan Yang Kalian Minati

Ya benar sekali sebuah cerita pasti memiliki genre bukan? Dan untuk para Author harus memilih genre sebelum membuat cerita.

Agar kalian tetap konsisten untuk menulis kalian harus menulis sesuai kapasitasmu! Contohnya jika kamu mempunyai kemampuan di genre misteri, maka kamu bisa membuat cerita yang bergenre misteri, agar ceritamu tidak berhenti di tengah jalan atau tidak ada ide lagi.

Tapi tunggu dulu, kalian juga perlu membuat cerita dari genre yang kamu minati ya! Biasanya sih genre yang kalian kuasai itu berdasarkan genre yang kalian minati. Jadi untuk menentukan genre cerita yang akan kalian buat, kalian bisa memilih dari genre yang kalian minati. Dan kemampuan akan terus mengalir dengan seiring waktu. Namun jangan memaksakan kapasitas mu ya!

Buatlah Cerita Dari Hati Jangan Karena Keterpaksaan

Cara ini sangat ampuh loh, karena jika kalian menulis cerita dengan keterpaksaan malah hanya membuat ceritamu hancur, atau berhenti di tengah jalan.

Kok bisa gitu min?

Itu semua bisa jadi karena rasa keterpaksaan itu sendiri. Jika sobat Aksara Jingga merasa terpaksa, otak Aksara Jingga juga akan lebih susah untuk bekerja atau lebih susah untuk merancang kata kata.

Jadi ketika kalian ingin membuat cerita, buat lah dari hati ya! Karena jika dari hati atau ikhlas otak sobat Aksara Jingga juga bisa semakin encer loh! Itu semua berkat rasa kenyamanan yang diberikan hati sobat Aksara Jingga. Dan mood mu bisa naik yang membuat sobat Aksara Jingga lebih gampang untuk membuat cerita.

Buatlah Situasi Yang Nyaman Ketika Sedang Membuat Cerita

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah situasi atau mood kalian. Agar mood kalian bagus, buatlah Situasi dirimu senyaman mungkin. Misal, kamu bisa nyaman karena sambil mendengarkan musik. Kalian bisa banget membuat cerita sambil mendengarkan musik. Dan jika mood kalian sudah bagus otak sobat Aksara Jingga juga semakin rileks dalam membuat ceritanya.

Sobat Aksara Jingga bisa mencari tempat yang sepi, dan bersih agar mood kalian bagus atau nyaman. Atau kalian bisa membuat cerita sambil berada di ruangan yang dingin atau lain sebagainya. Pokoknya sesuai dengan kondisi mood sobat Aksara Jingga ya!

Rasakanlah Isi Cerita Mu

Ini juga termasuk tips dari Mimin. Agar kalian tidak kehabisan ide, kalian harus bisa merasakan cerita sobat Aksara Jingga sendiri. Jadi sobat Aksara Jingga merasakan menjadi tokoh yang dibuat oleh sobat Aksara Jingga.

Dan karena bisa merasakan itu sobat Aksara Jingga bisa menjadi lebih gampang untuk membuat cerita tersebut. Itu semua bisa terjadi karena pikiran yang nyaman juga loh!

Misalnya, ceritamu berisi tentang seorang gadis yang sedang sangat senang karena baru saja ditembak oleh seorang laki-laki yang ia suka. Kalian bisa banget masuk menjadi gadis itu dengan cara meresapi cerita kalian. Dan dari situ kalian bisa lebih mudah untuk melanjutkan menulis ceritamu.

Buatlah Cerita Sesuai Keinginan Kalian

Agar kalian tidak kehabisan ide, kalian harus membuat cerita dengan keinginan kalian, karena jika kalian membuat cerita yang tidak sama dengan keinginan kalian, bisa membuat otak kalian berpikir menjadi lebih rumit.

Cara ini hampir sama seperti cara di no dua. Karena jika tidak sesuai keinginan sobat Aksara Jingga otak kalian bisa merasa terpaksa dan menjadi tidak bebas untuk berekreasi.

Mari kita lanjut ke cara selanjutnya.

Buatlah Cerita Ketika Mood Kalian Sedang Bagus

Cara ini sangat ampuh loh! Karena jika sobat Aksara Jingga memiliki mood yang bagus bisa membuat sobat Aksara Jingga lebih bebas untuk mengembangkan cerita yang sobat Aksara Jingga sedang buat.

mood sangat berpengaruh dalam membuat cerita! Karena jika mood sobat Aksara Jingga sedang tidak baik, sobat Aksara Jingga menjadi susah untuk mengembangkan cerita yang sedang di buat.

Lepaskan Semua Pikiran kalian Ketika Sedang Membuat Cerita

Seperti pada cara nomor lima, sobat Aksara Jingga Harus membuat cerita sesuai dengan keinginan sobat Aksara Jingga itu sendiri. Dan cara nomor lima tersebut saling berhubungan dengan cara nomor tujuh ini. Karena jika cara pada nomor lima sudah dilakukan, maka secara otomatis cara no tujuh ini bisa dilakukan.

Karena jika sudah sesuai dengan keinginan sobat Aksara Jingga, sobat Aksara Jingga bisa merasa lebih lepas. Dan membuat sobat Aksara Jingga tidak kehabisan ide di tengah-tengah cerita!

Dan itu adalah cara terakhir dari Mimin.

Itu tadi adalah Cara-cara Agar Konsisten Menulis. Agar kalian bisa lebih mengerti materinya, mari kita masuk ke Rangkuman.

Rangkuman :

Buatlah Cerita Dari Genre Yang Kalian Kuasai dan Yang Kalian Minati.

Buatlah Cerita Dari Hati Jangan Karena Keterpaksaan. (Kalian harus membuat cerita dari hati, agar Sobat Aksara Jingga bisa lebih leluasa untuk meluapkan emosi ke dalam ceritanya.)

Buatlah Situasi Yang Nyaman Ketika Sedang Membuat Cerita. Misal sambil mendengarkan musik atau lain sebagainya.

Rasakanlah Isi Cerita Mu.

Buatlah Cerita Sesuai Keinginan Kalian.

Buatlah Cerita Ketika Mood Kalian Sedang Bagus.

Lepaskan Semua Pikiran kalian Ketika Sedang Membuat Cerita.

Seperti itu lah Rangkuman dari artikel Cara-cara Agar Konsisten Menulis. Semoga sobat Aksara Jingga bisa mengerti isi materinya, dan bisa melaksanakan semuanya. Salam Literasi dan Mari Bertumbuh Beraksara Bersama Jingga. Bye bye, sampai bertemu di artikel-artikel selanjutnya.

Jangan lupa untuk mampir ke artikel lainnya ya!

Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

7 Comments

Previous Post Next Post