Cara Memperbanyak Views & Like Cerita Wattpad

Cara Memperbanyak Views & Like Cerita Wattpad - AksaraJingga.Com
Cara Memperbanyak Views & Like Cerita Wattpad - AksaraJingga.Com

Editor: Abigail

Cara Memperbanyak Views & Like Cerita Wattpad

Hai hai!! dengan aku Mimin Abby disini✋

Kalian udah kenal aku belum? Kalo belum sini sini. 

Kenalin, aku Abby. Kalian cukup panggil aku mimim canciee.  

Kalian penasaran engga sih aku mau nulis apa? 

Betul banget. Aku mau kasih kalian tips & trick mendapatkan views dan vote di wattpad nih. Pensaran kan? Cus tanpa basa basi kita mulai~

Views dan like atau vote di wattpad, sering banget membuat penulis pemula menjadi tidak puas dengan ceritanya, malah insecure lihat views dan vote cerita lainnya. Nah, kalian datang di saat yang tepat karena mimin akan membagikan tips & trick untuk mendapatkan keduanya. 

Eits tunggu dulu. Jika kalian belum membaca tips & trick lainnya dari Aksara Jingga, di baca dulu yuk.

Mempromosikannya

Yang pertama adalah mempromosikannya. Yep. Mempromosikan cerita kamu bisa menjadi peluang pembaca membaca ceritamu, dan membuat viewnya juga bertambah. Caranya?

Tenang, sini mimin kasih tau. tapi bisik bisik aja ya, soalnya rahaisa alias rahasia.

Teman-teman dapat mempromosikan cerita kamu di semua platform sosial media yang kamu punya. Contohnya, Tiktok, Story Instagram dan Whatsapp, telegram, Open Chat Line dan lainnnya. Contohnya seperti membuat vidio untuk Tiktok dan Reels. Dan cara lainnya bisa kamu lihat di tips & trick mempromosikan wattpad disini ya

Minta feedback dari sesama penulis

Yang kedua adalah meminta feedback dari sesama penulis. Nah ini lumayan manjur walaupun tidak bertahan lama. Teman - teman bisa join ke komunitas atau grup penulis wattpad di berbagai macam platform sosial media, baik Telegram, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan lain lainnya.

Caranya?

Sini mimin bisikin. Caranya gampang banget. Ketika kalian sudah join kedalam grup wattpad di sosial media manapun, kalian bisa PC (personal chat) salah satu anggota disana dan meminta feedback untuk ceritamu. Jika dia bersedia, dia akan membaca dan mem vote ceritamu. Perlu diingat, setiap orang mempunyai peraturannya masing - masing ya.

Membuat cover wattpad yang menarik

Yes betul banget nih. Kalian pernah denger pepatah 'don't judge a book by it's cover'? Betul, jangan hujat bukunya hanya dari sampulnya. Di balik makna yang terdapat dari kutipan itu, ada juga loh manfaatnya bagi penulis. Benar, sampulnya.

Membuat sampul wattpad yang menarik dan unik juga dapat menarik pembaca loh. Apalagi dengan konsep yang anti-mainstream. Sampul wattpad kalian juga menggambarkan cerita kalian, tetapi tetap selaras ya dengan konsep cerita kamu. Jangan isi wattpad kamu romance comedy, tetapi sampulnya horor. Xixi.

Nah untuk membuatnya, kalian bisa baca di artikel di bawah ini ya

Menambahkan hashtag di wattad 

Satu cara yang sering kali di lupakan oleh kebanyakan penulis. Yaitu memberi hastag di cerita Wattpad kamu. 

Kegunaan hashtag ini bisa membuat pembaca menemui cerita kamu loh. Dengan kamu menambahkan hastag di ceritamu, Wattpad akan secara otomatis menambahkan ceritamu kedalamnya dan jika ramai, bisa saja posisi ceritamu mendapatkan rank nomor 1.

Cara pakainya gimana?

Jangan sedih, sini mimin kasih tau.

Buka wattpad kamu, pergi menuju letak cerita kamu berada. Masuk ke ruang edit cerita atau edit story. Jika kamu pengguna ponsel, maka urutannya adalah cover, deskripsi cerita kamu, dan 'Tags'. Kamu bisa memencetnya dan menambahkan tag yang cocok dengan ceritamu. 

Buat Konsep Cerita yang Anti Mainstream 

Konsep cerita yang anti mainstream juga bisa menarik pembaca, bahkan menetap untuk terus membaca. 

Kalian bisa membuat konsep cerita anti mainstream kamu dengan cara ATM yaitu Amati Tiru dan Modifikasi. ATM sudah tidak asing di dunia perfilman tetapi ATM ini juga bisa dipakai di dunia kepenulisan loh. 

iEits, ingat jangan sampai ATM ini menjadi boomerang untuk kamu ya. Karena bisa saja kamu mendapatkan cap plagiarisme karena ATM ini.

Mari breakdown satu satu.

Amati. Yep, seperti kata amati yang kamu tahu, kamu bisa mengamati cerita di luar sana, resapi konsep yang kamu dapatkan dari cerita cerita itu.

Tiru. Ini yang paling menentukan dimana kamu akan mendapatkan plagiarisme atau tidak. Tiru yang aku maksud adalah Tiru beberapa hal, tidak semua tetapi beberapa. Seperti nama sekolah, nama pemeran, nama tempat dan beberapa kalimat yang ingin kalian masukan  kedalam ceritamu.

Modifikasi. Yes, jika kamu sudah menemukan konsep yang sreg dengan kamu, dan ingin punya cerita seperti itu, kamu bisa modifikasinya. Perlu di ingat, hak cipta penulis di pegang penuh dengan penulis aslinya. Agar tidak di cap plagirisme, kamu bisa memodifikasi besar besaran, agar tidak terlihat seperti cerita penulis lain.

Jika kamu tidak ingin menggunakan ATM ini, kamu bisa menemukan cara lain seperti mendaki gunung dan mencoba mendapatkan ilham dari sana, xixi.

Terus Berusaha dan Konsisten

Yang terakhir. Ini adalah tahap dimana paling susah dari antara tips - tips yang aku berikan. Tetap berusaha dan konsisten dalam menulis. Jika kamu lelah, istirahat terlebih dahulu tetapi jangan kelamaan ya, nanti pembaca kabur.

Konsistensi juga diperlukan untuk mendapatkan views dan like di wattpad. Karena ketika kamu terus update, satu persatu pembaca akan muncul dengan sendirinya. Terus semangat dan pantang menyerah ya^^

Sedikit rangkuman. Cara mendapatkan views dan like di wattpad dengan cara 

  • Mempromosikannya
  • Meminta Feedback dengan sesama penulis
  • Buat cover yang menarik
  • Menambahkan hashtag
  • Buat konsep cerita yang anti mainstream
  • Terus berusaha dan konsisten

Nah, gimana materi kali ini? aku harap membantu ya^^ 

Jangan lupa untuk konsisten dalam menulis, jika kamu lelah istirahat dan tenangkan pikiranmu. Karena jika pikiranmu sehat, ceritamu aman dan pembaca senang. 

Karena sudah di penghujung materi, Mimin mengucapkan selamat tinggal~ 

Jika ada request materi maupun kritik dan saran kalian bisa mengontak kami melalui:

Follow sosial media Aksara Jingga untuk update terbarunya dengan klik link di bawah ini

Aku mimin abby pamit undur diri, sampai jumpaa^^

Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

6 Comments

Previous Post Next Post