Gak Mood Nulis? Jangan Sedih, Ya. Ada Tips Rahasia yang Bisa Kamu Lakuin

Gak Mood Nulis Jangan Bersedih, Ada Tips Rahasia yang Bisa Kamu Lakuin - Aksara Jingga
Gak Mood Nulis Jangan Bersedih, Ada Tips Rahasia yang Bisa Kamu Lakuin - Aksara Jingga

Editor: Fauzi

Apakah Sobat Aksara Jingga sering ngerasa nggak mood saat menulis, entah novel, cerpen, puisi, bahkan nonfiksi sekalipun? Wajar aja kalau ngerasa demikian. Hal itu sungguh manusiawi karena setiap orang pasti mood-nya berubah-ubah. Dengan kata lain, kita nggak bakal terus-terusan semangat. Ada kalanya kita dilanda sedih dan marah karena masalah tertentu yang sedang dihadapi. Saat dilanda masalah, Sobat Aksara Jingga pasti memilih untuk menyendiri sambil tampakkan ekspresi murung.

Kedua perasaan itulah yang memengaruhi mood Sobat Aksara Jingga sehingga enggan untuk menulis. Selain perasaan sedih dan marah, Sobat Aksara Jingga pasti malas untuk memulai menulis dan bingung untuk merangkai kata-kata untuk kelanjutan tulisan. Meski demikian, jangan ngerasa insecure atau sedih untuk tetap menulis apa pun karena takut salah atau tulisannya kurang rapi. Salah itu hal biasa.

Sobat Aksara Jingga bisa perbaiki tulisan kapan saja selama belum diunggah ke platform novel online atau redaksi penerbit buku. Jika dibiarin nggak mood terus-menerus, Sobat Aksara Jingga nggak ada kemauan sama sekali untuk memulai atau melanjutkan tulisan. Langsung saja, Mimin akan bagikan tips rahasia yang bisa sobat Aksara Jingga lakukan agar tetap semangat menulis walau mood dalam keadaan kurang baik sekalipun.

1.  Menulislah Walau Sebentar

Sobat Aksara Jingga bisa sempatin waktu buat menulis walaupun cuma 15 sampai 20 menit. Bila teman-teman nggak kuat menulis lama-lama, bisa kok mencicilnya sedikit-sedikit, asalkan harus konsisten dan ada kemauan menulis yang kuat. Dengan kata lain, Sobat Aksara Jangga nggak melewatkan menulis walau satu hari pun.

Pasalnya, bila teman-teman melewatkan menulis satu hari saja, maka terus ingin melewatkannya pada hari-hari berikutnya. Hal itu yang menyebabkan mood teman-teman semua semakin berkurang. Teman-teman jadi nggak produktif menulis. Sobat Aksara Jingga bisa merangkai atau menyusun kata-kata sambil menulis agar isi tulisannya bagus. Selain itu, Sobat Aksara Jingga bisa memikirkan ide cerita atau artikel terlebih dahulu sambil melakukan apa saja, terutama saat bersantai, sebelum jemari bergelut dengan keyboard komputer.

2.  Nonton Film dengan Tema Tertentu

Sobat Aksara Jingga bisa juga nonton film dengan tema tertentu untuk mencari ide atau bahan tulisan. Misalkan, bila teman-teman ingin nonton film yang bertemakan detektif, maka harus menyaksikan film tersebut dengan cermat hingga selesai karena terdapat latar atau properti yang mendukung tema atau genre yang diangkat.

Dari situlah, Sobat Aksara Jangga bisa menambah pengetahuan dari film yang disajikan sehingga dapat menambahkan adegan yang berhubungan dengan tema detektif tadi. Menonton film sesungguhnya merupakan riset agar nuansa yang disajikan dalam tulisan kita lebih hidup. Dengan menonton film, sobat Aksara Jingga nggak usah keluarkan biaya transportasi yang fantastis untuk melakukan riset ke luar kota, bahkan ke luar negeri.

3. Atur Suasana Tempat Menulis

Sobat Aksara Jingga tentu saja terganggu dengan suara gaduh di luar atau dalam rumah sendiri, entah suara anak-anak, deru kendaraan yang melintas, suara mesin yang cukup keras, dan lain-lain. Bila ada suara-suara tersebut, otomatis akan mengganggu mood Sobat Aksara Jingga dalam menulis. Dalam hal ini, teman-teman bisa cari tempat yang jauh dari kebisingan, misal kamar tidur di belakang rumah dan sebagainya, sehingga dapat tenang serta menulis dengan asyik dan lancar.

Selain itu, Sobat Aksara Jingga bisa atur kamar tidur dengan tambahin dekorasi yang menarik, misal hiasan bunga, dinding dengan cat warna favorit, poster mobil, poster artis-artis terkenal, atau grafiti agar timbulkan kesan semangat setiap kali ingin menulis. Usahakan memakai warna cerah agar dapat ciptakan mood menulis Sobat Aksara Jingga semua. Warna memang sangat memengaruhi mood atau semangat teman-teman, lo.

4. Dengar Musik Favorit

Sobat Aksara Jingga bisa sambil dengerin musik favorit saat menulis sesuatu. Usahakan dengarkan lagu-lagu yang dapat membangkitkan semangat teman-teman semua, misal lagu-lagu dengan tempo cepat dan lirik yang sarat keceriaan. Musik juga merupakan hal yang dapat memengaruhi mood sobat Aksara Jingga. Jadi, bila Sobat Aksara Jingga dengerin lagu-lagu yang bernuansa galau, maka mood akan semakin berkurang karena terbawa suasana yang disajikan di dalamnya.

Tak jarang pula, pada lirik lagu yang lagi Sobat Aksara Jingga dengerin, terdapat kata-kata yang puitis sehingga bisa pakai kata-kata tersebut dalam tulisan, misal puisi atau novel, agar lebih indah dan menarik. Musik memang dapat hidupkan suasana Sobat Aksara Jingga saat menulis. Boleh dicoba, ya, teman-teman semua.

5. Ingat Akan Tujuan dan Motivasi

Setiap Sobat Aksara Jingga merasa nggak bersemangat untuk menulis sesuatu, ingatlah kembali apa tujuan dan motivasi agar lebih terpacu. Sobat Aksara Jingga pasti memiliki tujuan tertentu untuk menulis. Misal, jika motivasi teman-teman dalam menulis buku adalah ingin menyadarkan kepada pembaca akan pentingnya kesehatan mental yang selama ini dipandang sebelah mata, maka harus ingatlah motivasi tersebut agar tujuan yang diidamkan segera tercapai.

Sobat Aksara Jingga harus membuka mata lebar-lebar atau menaruh perhatian serius terhadap anggapan sebagian besar masyarakat akan kesehatan mental. Hal itu berlaku pula untuk tujuan lain. Dengan mengingat tujuan dan motivasi, Sobat Aksara Jingga akan lebih terpacu untuk menuliskan sesuatu. Bahkan, teman-teman semua akan dapat selesaikan tulisan lebih cepat dari target bila memiliki kemauan kuat dan meluangkan lebih banyak waktu.

Demikian tips rahasia yang Mimin bagikan untuk bangkitkan mood Sobat Aksara Jingga dalam menulis. Sobat Aksara Jingga boleh langsung praktikkan salah satu atau kelima cara di atas. Ikuti tips di atas dengan konsisten agar mood menulis tetap terjaga. Jangan sampai terputus-putus, ya, Sobat Aksara Jingga.

Post a Comment

Previous Post Next Post