Tak Banyak Yang Tahu! Ini Dia 8 Kalimat Indah untuk Puisimu

Tak Banyak Yang Tahu! Ini Dia 8 Kalimat Indah untuk Puisimu - AksaraJingga.Com
Tak Banyak Yang Tahu! Ini Dia 8 Kalimat Indah untuk Puisimu - AksaraJingga.Com

Editor: Ravi, Kyfana

Halo sobat Aksara Jingga! Balik lagi sama Mimin nih! Kali ini kita akan masuk ke materi 3 tentang puisi! Setelah penjelasan singkat di materi sebelumnya sekarang kita akan membahas kalimat-kalimat indah yang sering dipakai di puisi! Beserta maknanya.

Tanpa banyak basi lagi mari kita masuk ke inti materinya! Jangan lupa di follow ya!

1. Awan pun melayang di udara seperti tanpa beban.

Ini adalah kalimat yang bisa saja kalian masukkan di puisi-puisi kalian! Kalimat ini bisa berartikan seseorang yang tidak pernah menyadari bahwa dirinya banyak memiliki kesalahan, atau juga menjelaskan tentang seseorang yang tak ingin disalahkan, dan juga bisa tentang seseorang yang pandai menutupi permasalahannya di depan orang lain.

Dengan kata kata sesimpel itu bisa memiliki banyak makna loh! Maksa dari itu majas sangat dibutuhkan pada puisi!

2. Bunga matahari yang mengikuti tuanya.

Ini bisa diartikan sebagai seseorang yang tersesat dalam hubungannya, tapi sejatinya dia tidak benar-benar tersesat. Karena sama seperti bunga matahari, dia juga akan bergerak mengikut ke arah mana jalan yang benar.

Ada pun arti lainnya seperti jodoh tak akan ke mana. Ke mana pun kamu pergi, jodohmu mengikutimu sebenarnya. Meskipun selama beberapa saat mendung, atau pun malam, dia akan mengikutimu jika halangan sudah tiada.

3. Nama yang aku sisipkan untuk mu.

Ini bisa diartikan untuk orang yang setiap berdoa, selalu menyempatkan untuk menyebutkan nama orang yang didambakan.

Atau pun diartikan sebagai seseorang yang kalian maksud Seperti orang tua, guru, sahabat, teman dan lain sebagainya.

Atau juga diartikan sebagai kata asli yaitu menyisipkan nama kepada orang lain dalam hal kebaikan atau keburukan.

4. Diksi ku tak akan sama dengan fisikmu.

Kalimat yang keempat ini sangat cocok dipakai untuk puisi yang menjelaskan seorang pengarang cerita yang pandai mengimajinasikan karakter pada cerita-ceritanya.

Namun karena pandangan orang-orang akan ada yang berbeda maka ini akan cocok.

Paham kan? Jadi arti dari Kalimat ini tentang seorang pengarang yang pandai mengimajinasikan karakter pada cerita-ceritanya.

5. Aku sisipkan doa ini untuk mu.

Pada kalimat ini memiliki arti sesungguhnya. Maka kalimat ini berarti seseorang yang menyisipkan doang kepada orang lain. Biasa nya kepada keluarga, teman, sahabat, dan lain-lainnya. Itu semua bisa kalian gambarkan dalam suasana sedih ataupun sangat senang. Atau pada saat seseorang meminta pertolongan.

6. Berusahalah hingga roda itu berputar ke atas.

Tidak mungkin kalian tidak paham makna kalimat ini. Meski terdengar sering, kalimat ini sangat indah kalian masukkan ke dalam puisi kalian. Memiliki makna yang dalam bahwa jika kalian berusaha lebih, kalian bisa berada pada roda di atas. Ini juga mengingatkan kita akan dunia yang terus menerus berputar, kadang di bawah, kadang di atas. Jika di bawah, maka kalian harus berjuang lebih baik lagi. Jika kalian di atas, lihat lah ke bawah bagaimana usahamu.

7. Rasa sayang yang indah dari mu 

Pada kalimat ke tujuh ini sama seperti no lima, yaitu memiliki arti sesungguhnya. Kalimat ini menjelaskan tentang seseorang yang memiliki rasa sayang yang besar kepada orang lainnya. 

Seperti saat seseorang yang sedang pacaran atau notabene nya kepada kekasih, kepada keluarga, teman hidup, ataupun sahabat.

8. Cahaya matahari menembus hati ku.

Pada kalimat ke delapan ini bisa kalian artikan menjadi seseorang yang sedang merasa berbunga-bunga. Atau bahasa sekarang nya Salting. Jadi kalian bisa menjelaskan suasana itu di dalam puisi mu.

Kembangkan lah kata-katanya, namun jangan terlalu berlebihan. Karena ini sebuah puisi.

Nah itu dia materi pada hari ini! Seperti biasa agar kalian lebih mudah dalam belajar kami akan membuatkan rangkuman.

Dan ini rangkumannya! Jangan lupa dibaca sampai abis ya!

Rangkuman.

Awan pun melayang di udara seperti tanpa beban. Artinya : Kalimat ini bisa berartikan seseorang yang tidak pernah menyadari bahwa dirinya banyak memiliki kesalahan, atau juga menjelaskan tentang seseorang yang tak ingin disalahkan, dan juga bisa tentang seseorang yang pandai menutupi permasalahannya di depan orang lain.

Bunga matahari yang mengikuti tuannya. Artinya : seseorang yang tersesat dalam hubungannya, tapi sejatinya dia tidak benar-benar tersesat.

Nama yang aku sisipkan untuk mu. Artinya : diartikan sebagai kata asli yaitu menyisipkan nama kepada orang lain dalam hal kebaikan atau keburukan.

Diksi ku tak akan sama dengan fisikmu. Artinya : seorang pengarang cerita yang pandai mengimajinasikan karakter pada cerita-ceritanya.

Aku sisipkan doa ini untuk mu. Artinya : arti sesungguhnya. Maka kalimat ini berarti seseorang yang menyisipkan doang kepada orang lain.

Berusahalah hingga roda itu berputar ke atas. Artinya : yang dalam bahwa jika kalian berusaha lebih, kalian bisa berada pada roda di atas.

Rasa yang indah darimu. Artinya : memiliki arti sesungguhnya. Kalimat ini menjelaskan tentang seseorang yang memiliki rasa sayang yang besar kepada orang lainnya.  

Cahaya matahari menembus hati ku. Artinya : Pada kalimat ke delapan ini bisa kalian artikan menjadi seseorang yang sedang merasa berbunga-bunga. Atau bahasa sekarang nya Salting.

Nah itu tadi rangkuman dari materi kali ini. Semoga kalian bisa paham dan mendapatkan referensi-referensi yang bagus dari materi ini ya! Selamat belajar! Dan mari Bertumbuh Beraksara Bersama Jingga! Salam Literasi! Bye bye!

Post a Comment

Previous Post Next Post