Waspadai Writer's Block! Perhatikan 6 Hal Ini

Waspadai Writers Block! Perhatikan 6 Hal Ini - AksaraJingga.Com
Waspadai Writer's Block! Perhatikan 6 Hal Ini - AksaraJingga.Com

Editor: Abigail

Haai, Hai~ Mimin Cancie kembali hadir!! 

Gimana kabar teman-teman aksara?

Semoga kalian tetap sehat selalu yaa. Dan ingat, minum vitamin dan pakai masker kalau keluar rumah. Jangan lupa handsanitizer-nya di pakai atau mencuci tangannya ya!! 

Nah, kalian pasti bingung mimin mau ngasih materi apa. 

Betul sekali~ 

Sesuai request dari teman-teman Aksara Jingga yang terus mengeluh mengenai Writers Block jadi aku memutuskan untuk membahas tentang hal fatal yang membuat kamu mengalami Writers Block.

Penasaran? yuk di simak! 

Mimin mulai bahas dari pengertian Writer's Block-nya dulu ya. 

Writers Block atau Kebuntuan Menulis sebuah kata yang tidak asing di dunia kepenulisan. Menurut wikipedia Kebuntuan menulis adalah sebuah keadaan ketika penulis merasa kehilangan kemampuan menulis atau tidak menemukan gagasan baru untuk tulisannya. Atau secara singkatnya, kamu tidak bisa melanjutkan ceritamu karena kehilangan ide untuk bab selanjutnya.

Nah itu dia sekilas tentang Writer's Block. Kalian pasti pernah mengalami masa-masa seperti ini kan? Sangat mengganggu sekali, apalagi kalau salah satu dari kalian adalah penulis yang memiliki ambisi tinggi, merasa gagal dan terpukul banget kalau sampai cerita yang sedang dalam proses akhirnya buntu di tengah jalan.

Hal itu memang sangat menjengkelkan tapi tenang saja, Kamu gak sendirian! Karena writer's block pasti akan dialami para penulis sewaktu-waktu sekalipun itu penulis yang sudah profesional dan berpengalaman. Bahkan ini sudah dianggap sangat lumrah di dunia kepenulisan. Jadi teman- teman jangan khawatir jika tiba-tiba mengalami writer's block seperti ini. 

Nah sekarang aku akan membahas hal-hal yang membuat kamu mengalami writer's block. Disimak yuk!.

Merasa Ceritamu Tidak Cocok

Perasaan seperti ini selalu saja muncul setiap ingin menulis bukan? 

Sikap dimana ceritamu sangat tidak cocok berada di tempat semestinya dan merasa cerita orang lain lebih menarik daripada ceritamu.

Jika kamu merasakan hal ini, cobalah untuk menjernihkan pikiranmu, tenangkan suasana hati dan berfikir positif untuk ceritamu. 

Apatis

Sifat ini juga berkaitan dengan yang aku sebutkan di awal. Sifat Apatis ditandai dengan mereka yang kesulitan untuk melamun dan merasa ceritamu tidak cocok dengan peraturan kepenulisan yang ketat. 

Jika kamu sedang merasakan ini, cobalah untuk menjernihkan dan menengangkan pikiranmu. Terkadang, hal baru yang kamu temui dapat meminimalisir sifat apatis ini. 

Kamu juga dapat menulis bebas atau free writing tanpa memperdulikan peraturan kepenulisan yang ada. Dengan begitu, dijamin tulisan kamu akan lancar jaya.

Amarah

Sifat dimana semua manusia di muka bumi mempunyainya. Sifat Amarah juga menjadi pemicu utama karena sifat yang tidak sabar dan cepat tersulut emosi akan menghancurkan semua cerita yang ingin kamu tulis. Sifat ini cenderung ada pada kamu yang ingin melanjutkan cerita yang kamu tulis jika kamu mendapatkan royalti, mendapatkan popularitas, dan penghargaan lainnya. 

Ekspetasi yang terlalu tinggi akan tulisan kita adalah rintangan dalam kreatifitas menulis loh. Jika kamu ingin lepas dari segala hal yang aku sebutkan di atas, coba kamu menulis di waktumu yang terbaik atau saat moodmu sedang baik. Misalnya menulis di luar ruangan, menulis pada pagi dan malam hari atau menulislah dengan perasaan yang bagus. Anggap saja kamu sedang menunggu hujan duit tiba.


Gelisah

Pemicu utama datangnya Writer's Block. Sifat gelisah akan ceritamu yang tidak sebagus cerita author lain, atau pembaca yang tidak naik. Atau kamu merasa tulisanmu tidak bagus meskipun kamu sudah berusaha sebaik mungkin.

Alih - alih mengkhawatirkan ceritamu, lebih baik kamu asah kembali kemampuan menulismu agar lebih baik lagi. Menulis bukanlah hanya menulis novel saja. Kamu bisa mencoba menulis puisi, pantun, cerita pendek dan semacamnya. Menulis juga bukan hanya merangkai kata sana, tetapi merupkan sebuah seni yang di dukung oleh teknik, seperti memahami struktur kata dan kalimat yang efektif dan pemilihan kata yang baik dan benar.

Membandingkan Cerita Karyamu dengan Cerita Karya Orang Lain

Hal yang sering di lakukan oleh penulis - penulis lainnya, termasuk mimin. Membanding bandingkan ceritamu dengan cerita lainnya justru membuat kamu mengalami writers block. Kamu akan merasa rasa ketidakcocokan dengan ceritamu karena cerita lain lebih baik dari pada ceritamu.

Jika kamu terus seperti itu, kamu akan semakin sering mengalami writers block. Kamu bisa mencegahnya dengan percaya bahwa dirimu dan ceritamu adalah yang terbaik. Dan juga kamu harus merasa tanggung jawab dengan cerita yang sudah kamu buat.

Memiliki Masalah dengan Orang Lain

Hal terakhir yang mimin sampaikan adalah ini. Mempunyai masalah dengan orang lain bukanlah hal yang aneh. Setiap manusia mempunyai masalahnya masing-masing. Tapi tanpa di sadari, masalah itu yang membuat kamu mengalami writer's block.

Menurut penelitian Jerome Singer dan Michael Barrios. Mereka tidak ingin tulisannya di banding bandingkan dengan orang lain.

Perasaan ini yang menjadi pemicu kebuntuan dalam menulis. Karena lahirnya tekanan dalam diri kamu. Sama seperti hal yang aku katakan di atas.

Untungnya, selain menemukan penyebab writer's block, peneliti juga menemukan fakta bahwa semuanya dapat di obati, tetapi di mulai dari diri kamu sendiri ya!

***

Nah itulah Enam hal yang bisa membuatmu mengalami Writer's Block. Memang menulis tidaklah mudah, tetapi mimin harap dengan penjelasan ini kamu bisa meminimalisir masalah dalam penulisanmu dan yang terpenting adalah motivasi. Jadi harus tetap bersemangat untuk menulis ya! 

Hadapi semua rintangan dan percaya bahwa dirimu pasti bisa. Terus berkarya dan tidak patah semangat^^

Rangkuman

Sedikit rangkuman dari penjelasasn di atas, 6 hal yang membuatmu mengalami Writer's Block

  • Merasa Ceritamu Tidak Cocok
  • Apatis
  • Amarah
  • Gelisah
  • Membanding-bandingkan ceritamu dengan cerita orang lain
  • Mempunyai masalah dengan orang lain

Baik kalau begitu Aku sudahi dulu materi kali ini. Jika ada salah kata maupun kalimat mimin minta maaf ya^^ 

Jika kamu mau request, atau memberikan kritik dan saran silahkan hubungi Aksara Jingga di bawah ini ya

Follow terus social media Aksara Jingga untuk update selanjutnya. Terima kasih~

Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

Post a Comment

Previous Post Next Post