Resensi! Apa Itu?

Resensi! Apa Itu?

Holla semuanyaa, cepat ya kita bertemu lagi! Kali ini kita akan bahas suatu hal yang kalian pelajari di sekolah juga nih. Resensi ini kalian akan jumpai di kelas 9 dan di kelas 12 (SMA). Materi resensi ini juga bisa dibilang sebagai teks penilaian karya.

Teks penilaian karya? Ya, jadi Resensi adalah sebuah teks yang berisikan penilaian terhadap suatu karya yang baru saja rilis untuk memberikan penilaian kepada audiens yang ingin membaca, atau menonton karya tersebut. Atau intinya adalah teks untuk menilai suatu karya.

Resensi juga memiliki banyak sekali manfaat, Antara lain :

  1. Sebagai tempat terbaik untuk para peminat karya yang ingin membeli karya yang akan di resensi.
  2. Sebagai tempat ajang promosi, jika memang karyanya bagus.
  3. Sebagai tempat pembelajaran untuk para penulis untuk mengembangkan skill yang iya miliki.
  4. Sebagai tempat pemberian pendapat.
  5. Sebagai tempat pencaharian rekomendasi karya.

Resensi sendiri memiliki beberapa struktur. Yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Identitas / Identitas Buku

Identitas buku mencakup judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, serta ukuran buku, atau juga bisa kalian tambahkan seperti harga buku.

2. Orientasi

Pada bagian struktur ini biasanya kita jumpai pada paragraf awalan atau yang pertama. Yang memiliki isi berupa penjelasan tentang kelebihan buku, seperti penghargaan-penghargaan yang pernah didapatkan oleh buku tersebut.

3. Sinopsis

Sebuah kalimat ataupun paragraf ringkasan yang berisikan penggambaran isi karya yang akan kita resensi.

4. Analisis

Penjelasan ataupun pemaparan tentang suatu keberadaan unsur sebuah cerita, seperti unsur tema, penokohan tokoh, serta ada alur, lalu juga ada plot pada cerita yang kita resensi.

5. Evaluasi

Pemaparan tentang sebuah kelebihan dan kekurangan suatu karya yang sedang kita resensi. Kekurangan karya dan kelebihan karya yang diambil adalah sebuah penilaian dari yang membuat resensi sendiri.

Lalu pada resensi memiliki apalagi ya? Oke mari kita bahas. Pada sebuah teks resensi, kita akan membahas tentang suatu karya tulis dan lainnya. Penilaian ini bersifat subjektif karena ini adalah penilaian perseorangan. Bisa saja penilai kita berbeda. Namun ini bisa membantu agar para pembaca atau penikmat karya bisa membayangkan tentang apa isi dari karya yang akan mereka baca.

Langkah-langkah membuat resensi yang mudah dan praktis

  1. Bacalah karya yang akan kita resensi, lalu ingatlah, atau tulis beberapa poin penting yang akan kita masukkan nanti kedalam karya resensi kita.
  2. Setelah kita membaca karya dengan seksama, mari kita buat judul dari resensi kali ini.
  3. Lalu kita masuk ke dalam pembuatan identitas buku atau karya. Identitas ini mencakup banyak identitas dari buku yang sekarang ingin kita resensi. Identitas ini bisa kita temui pada halaman awal buku. Disana akan ada satu halaman full yang berisikan judul, ISBN, penulis, pengarang, penerbit, tebal, halaman, dan juga harga buku (opsional). Pada identitas buku ini harus kita ketik dengan baik dan rapi agar tidak ada yang kita salah ketik. Karena bagian identitas ini adalah bagian yang cukup utama.
  4. Setelah kita berhasil membuat identitas buku. Mari kita membuat orientasi, karena orientasi ini berisikan awalan atau pengenalan terhadap buku yang akan kita resensi, kita bisa memasukkan hal hal baik dari buku tersebut. Seperti halnya penghargaan yang sudah diraih hingga resensi itu kamu buat.
  5. Sinopsis, sinopsis adalah sebuah bagian yang menceritakan inti dari sebuah karya. Namun sinopsis yang kalian buat jangan sampai mengspoiler tentang karya tersebut. Kalian bisa membuat sinopsis dengan baik dan benar ya. Dan saya lebih suka untuk tidak mengambil sinopsis yang ada di belakang buku. Jadi lebih baik kita membuat ulang sinopsisnya.
  6. Analisis, pada analisis ini kita bisa melihat atau menganalisis tentang penokohan di cerita tersebut. Seperti apakah mereka antagonis, maupun protagonis, bagaimana sikap yang lebih detailnya. Apakah mereka memiliki saudara, bagaimana alurnya, bagaimana tema ceritanya dan masih banyak lagi yang harus kita perhatikan. Perhatikan lah unsur intrinsiknya ya.
  7. Evaluasi, nah ini adalah bagian akhir pada bagian akhir ini akan berisikan tentang seluruh penilaian kalian tentang karya yang kalian resensi. Mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang kalian dapatkan. Saya harap pada bagian ini bisa kalian jelaskan dengan detail agar lebih meyakinkan para orang yang membaca resensi kalian. Dan pada akhir paragraf juga bisa kalian tambahkan Kalimat rekomendasi.

Apa itu kalimat rekomendasi?

Kalimat rekomendasi adalah kalimat yang berisikan rekomendasi untuk karya tersebut. Misalkan buku ini bertemakan tentang ekonomi berarti buku ini sangat direkomendasikan kepada orang yang sangat menyukai ekonomi, ataupun sedang belajar tentang ekonomi.

Ataupun misalnya karya ini bertemakan, kisah perjuangan hidup seseorang, berarti cerita ini sangat direkomendasikan kepada orang yang sedang dalam fase down, ataupun butuh disemangati ataupun kepada anak-anak SMA yang akan memulai perjalanan hidupnya yang sangat panjang.

Itu dia bagaimana cara untuk membuat sebuah resensi, sebuah resensi bisa sekali kalian buat dengan sangat santai. Resensi sendiri adalah teks yang menurut saya sangat nyaman untuk kita buat. Karena berisikan pendapat kita sendiri, kita jadi lebih merasa bebas. Namun bukan karena bebas kita bisa jadi menjelekkan orang-orang ya. Itu juga tetap tidak diperbolehkan untuk dilakukan.

Karena itu sama saja kalian menjelekkan nama kalian sendiri. Sebaiknya kalian meluapkan semua pendapat kalian dengan tetap dijaga untuk kedepannya. Namun tetap saja ini sangat bisa membuat kalian semua nyaman dalam membuat teks ini. Kalian bisa sekali untuk memaparkan secara jelas untuk kekurangan dan kelebihannya ya. Materi ini akan kalian temui juga disekolah, jadi siap siap ya.

Dan hanya itu saja yang bisa aku berikan kepada kalian semuanya, semoga Berman dan sampai bertemu lagi di artikel-artikel selanjutnya ya! Tetap semangat! Salam literasi dan mari bertumbuh beraksara bersama Jingga Pai Pai all

Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

Post a Comment

Previous Post Next Post