Jadi Penulis Profesional? Caranya?!

Jadi penulis profesional? Caranya?!


Ekhem ketemu lagi nih sama Mimin. Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang sebuah hal yang sangat diinginkan oleh banyak sekali penulis pemula. Yaitu menjadi seorang penulis profesional.

Menjadi seorang penulis profesional tidak luput dari kerja keras, jam terbang, dan memahami ilmu yang banyak. Itu semua harus kita pelajari terus menerus hingga kita bisa mendapatkan titik tersebut. 

Untuk menjadi penulis profesional kalian memerlukan sedikit hingga banyak hal. Itu semua tergantung dari diri sobat Jingga. Susah atau tidaknya juga tergantung oleh sobat Jingga sekalian.

Jika sobat Aksara Jingga dalam fase yang tidak mudah jenuh. Itu adalah suatu hal yang bagus. Karena itu bisa menjadi batu loncatan awal untuk sobat Jingga menjadi seorang penulis profesional.

Penulis profesional di Indonesia sudah cukup banyak. Dan banyak sekali dari mereka yang memiliki karya yang luar biasa membludak

Lalu kalau begitu bagaimana caranya menjadi seorang penulis profesional min?.

Yasudah, agar bisa kalian baca lebih cepat juga, yuk kita bahas sekarang juga.

1. Memiliki jam terbang yang memumpuni. 

Jam terbang ini adalah hak dasar yang harus dimiliki oleh seorang penulis yang ingin menjadi penulis yang profesional. 

Penulis yang profesional pastinya sudah memiliki jam terbang yang lama. Sehingga ia bisa memahami banyak hal tentang dunia kepenulisan. Dari novel, puisi, cerpen, hikayat, ataupun lain lainnya.

Jam terbang juga yang bisa menjadi batu loncatan para penulis. Ataupun juga jam terbang bisa menjadi suatu penilaian seseorang pembaca terhadap seorang penulis yang ia tahu. Karena biasanya orang-orang lebih percaya kepada seseorang yang telah memiliki jam terbang yang sudah lama.

Kenapa bisa gitu min? 

Ya itu semua bisa saja karena mereka semua merasa bahwa orang yang memiliki jam terbang nya lebih lama sudah lebih berpengalaman dan lebih memahami tentang suatu konteks. Yang mungkin saja belum diketahui dengan yang memiliki jam terbang sedikit.

Maka dari itu jam terbang sangatlah penting untuk kalian semuanya.

2. Niat dan tekad.

Yang kedua adalah niat dan tekad. Untuk seseorang yang ingin menjadi seorang penulis yang profesional. Mereka harus memiliki niat ataupun tekad yang kuat. Itu semua dibutuhkan agar mereka tidak berhenti di tengah jalan.

Karena jika mereka berhenti di tengah jalan bisa saja membuat apa yang sudah kita tinggalkan menjadi suatu hal yang sia-sia. Dan tidak memiliki dampak negatif kepada sobat Aksa Jingga.

Jadi sebelum lanjut ke tahap-tahap selanjutnya, sobat Aksara Jingga harus memiliki sebuah tekad ataupun niat.

Agar semua yang dikerjakan bisa lebih teratur sesuai dengan tekad dan niat yang sudah ada di dalam diri kita semuanya.

Tekad itu bisa kalian tanamkan dari awal. Agar bisa lebih mudah untuk kedepannya. Kita semua harus terus memiliki tekad agar bisa lebih Terarah.

Dan sebenarnya ada yang lebih mendasar lagi dari sebuah tekad, dan akan mimin bahas di poin keempat ya. Jadi tetap baca artikel ini sampai selesai.

3. Relasi.

Relasi? Ya benar! Jika kamu ingin menjadi penulis profesional kamu juga perlu memiliki relasi. Relasi disini bukan untuk menjadi orang dalam ya. Tapi, lebih untuk saling belajar, dan berbagi pengalaman seputar dunia kepenulisan itu sendiri. 

Kita juga sangat memerlukan relasi ini loh. Karena relasi ini juga bisa membantu kamu untuk mempromosikan karya kamu, sebagai teman, dan juga masih banyak lagi.

Di dalam dunia ini relasi sangatlah di butuhkan, apalagi pada zaman seperti ini. Relasi yang tepat bisa sangat membantu kamu dalam banyak bidang. Dari mencari ilmu sampai ke pencarian kerja.

Jadi sobat sobat sekalian cari relasi yang banyak ya. Setidaknya sobat sekalian mempunyai dua ataupun 3 relasi yang tepat.

Dengan cara relasi ini, sudah banyak penulis yang berhasil mewujudkan impiannya menjadi seorang penulis profesional loh.

Jadi kalian harus coba cara ini ya.

4. Keinginan.

Ini adalah hal yang paling mendasar jika ingin sesuatu. Yaitu keinginan, keinginan disini harus kita gabungkan dengan tekad. Seperti pada poin kedua.

Keinginan sendiri pasti akan muncul jika kalian memang suka di dalam dunia kepenulisan ini. Jika keinginan sudah muncul dan berubah menjadi tekad. Semua rintangan akan terlewati dengan rasa yang mudah karena tidak adanya paksaan.

Maka dari itu, kalian harus tanamkan keinginan di dalam hati kalian mulai dari sekarang juga. Tanamkan lah sejak dini, bahkan jika kalian baru mengenal dunia kepenulisan sedikit saja.

Kita harus bisa melakukan itu. Agar sebuah tujuan kita bisa tercapai.

Nah itu dialah artikel tentang cara-cara yang bisa kalian coba untuk menjadi seorang penulis profesional. Sebenarnya masih banyak cara lainnya. Dan mungkin saja akan kita bahas pada artikel kedepannya. 

Artikel ini sangatlah cocok untuk kalian semua yang baru saja mengenal dunia kepenulisan. Karena isi materinya yang tidak terlalu berat dan masih mudah untuk kalian semua pahami.

Apalagi artikel yang tadi kalian sudah baca berisikan tentang cara-cara menjadi seorang penulis profesional. Ini semua adalah cara dasar yang bisa kalian lakukan.

Percayalah, banyak cara yang pasti akan kalian coba, namun sebenarnya hanya satu cara yang cocok dengan dirimu. Maka kalian semua harus memiliki sebuah naluri, tujuan, dan pilihan sendiri. Yang diambil juga dari diri sendiri


Itu sajalah Artikel yang Mimin bisa buat pada hari ini. Sampai jumpa lagi bersama Mimin Ravi di artikel berikutnya. Tetap jaga kesehatan dan tetap belajar. 

Mari kita bertumbuh beraksara bersama Jingga, Salam Kepenulisan, salam literasi dan sampai jumpa di artikel-artikel kedepannya. Pai pai
Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

Post a Comment

Previous Post Next Post
IKLAN VIDEO