Tips & Trik Agar Cerita Tidak Membosankan

Tips & Trik Agar Cerita Tidak Membosankan - AksaraJingga.com
Tips & Trik Agar Cerita Tidak Membosankan - AksaraJingga.com

Editor: Mega

Hallo sobat Aksara Jingga, kali ini kita akan membahas tentang tips & trik agar cerita menarik dan  tidak membosankan. 

Pasti di masa pandemi seperti ini banyak nih diantara kalian  ingin produktif di rumah, nah contohnya kalian bisa mengisi kegiatan dengan menulis cerita atau jadi pembaca, itu bisa menjadi rebahan kita sedikit bermanfaat ya guys. 

seperti yang kita ketahui, banyak sekali karya - karya dari para penulis yang bisa kita dapati dari berbagai macam platform, seperti Wattpad, mangatoon, noveltoon dan masih banyak lainnya. Dan cerita-cerita yang populer itu bisa menghasilkan uang loh! Sobat Aksara Jingga mau tau caranya? Jika ingin tau lebih lanjut, sobat Aksara Jingga bisa baca materi yang ada di bawah ini ya!

Pastinya kalian sudah sangat mengetahui alur - alur dari berbagai macam cerita yang sudah kalian baca. 

Nah bagi kalian para penulis tentu saja ingin membuat alur cerita yang jauh lebih menarik dari cerita - cerita yang sudah ada. 

Dan kali ini Mimin  akan memberikan Tips & trik agar lebih menarik dan tidak membosankan. 

Alur Cerita Yang Tidak Mudah Ditebak

Nah pasti sobat Aksara Jingga juga tahu bahwa dalam pembuatan sebuah cerita alur adalah bagian terpentingnya, sebagai penulis kita harus membuat alur cerita yang jarang ditemui sebelumnya dengan tujuan untuk menimbulkan rasa penasaran para pembaca  sehingga kembali menarik minat baca dan cenderung tidak membuat bosan.

Tentu saja sebagai pembaca akan merasa bosan jika cerita yg ia baca selalu memiliki alur cerita yang sama atau monoton, yang kemudian akan menurunkan minat baca mereka , Nah bagi para penulis, kalian harus pandai dalam membuat alur cerita yang menarik ya… 

Menenukan Judul dan Sampul

Judul dan sampul adalah bagian awal untuk menarik daya minat baca dari para pembaca, Oleh karena itu kita sebagai penulis harus mendesain sampul yang unik dan juga judul yang menarik, namun dalam pembuatan sampul atau cover pun tidak bisa asal asalan karena kita harus menyesuaikan sampul dengan isi cerita, seperti cerita dengan genre horror harus diiringi dengan desain sampul yang menyeramkan begitupun dengan genre lainnya. Dan, jika kalian ingin tau tentang tips and trik membuat cover cerita, kalian bisa baca materi di bawah ini ya!

Sama halnya dengan pemilihan judul, semakin menarik suatu judul makan akan semakin besar pula daya tarik seseorang terhadap sebuah cerita misalkan kita ambil dari nama tokoh utamanya atau dari inti cerita tersebut dan masih banyak cara menarik lainnya dalam pemilihan judul

Tokoh Atau Karakter yang Menarik

Selain alur cerita yang menarik, tokoh dalam suatu cerita juga berpengaruh dalam menarik minat baca loh! Oleh karena itu penulis juga harus membuat tokoh tokoh dalam ceritanya dengan berbagai macam karakter yang berbeda.

Contohnya, dengan cara menentukan karakter pemeran utama yang berbeda dari cerita cerita lainnya dan berbagai tokoh pemeran pendukung yang memiliki beragam karakter seperti pemeran antagonis, protagonis, dan tritagonis yang membuat alur cerita menjadi semakin seru.

Menggambarkan Visual Dari Masing-masing Tokoh Agar Terkesan Hidup

Selain menentukan tokoh dan karakter, visual dari masing masing tokoh juga masih termasuk dalam peran penting untuk menarik minat baca, dengan cara mendeskripsikan visual dari masing masing tokoh semenarik mungkin seperti menyesuaikan antara karakter dari sebuah tokoh dan deskripsi visualnya.

Contohnya tokoh dengan peran karakter antagonis memiliki deskripsi visual dengan wajah yang terlihat garang, lalu tokoh protagonis yang memiliki deskripsi visual dengan wajah yang terlihat lembut dan tokoh tritagonis yang memiliki deskripsi visual dengan wajah lugu. 

Kalian ingin tau lebih lengkap tentang cara membuat Cerita terlihat lebih hidup?! Kalian bisa banget loh baca materi yang ada di bawah ini

Nah itu dia materi dari Mimin, semoga sobat Aksara Jingga suka ya! Dan jangan lupa baca materi kita yang lainnya! Agar lebih memudahkan kalian, Mimin akan membuatkan materi dari materi hari ini! Mari kita masuk ke rangkumannya!

Rangkuman

  • Alur Cerita Yang Tidak Mudah Ditebak
  • Menentukan Judul dan Sampul
  • Tokoh Atau Karakter dan Sampul
  • Menggambarkan Visual dari Masing-masing Tokoh Agar Terkesan Hidup

Penjelasan Singkat

Intinya langkah pertama kita harus menentukan alur dari sebuah cerita yang ingin sobat Aksara Jingga buat, tapi pembuatan alur juga gak semudah itu loh. Diusahakan alur yang kita buat jangan mudah ditebak ya! Dan yang pasti buatlah dengan jelas. Kedua, dalam menentukan judul dan sampul cerita sobat Aksara Jingga, harus baik ya! Agar terlihat menarik bagi para pembaca! intinya sih pilih sampul dan judul yang sesuai dengan isi cerita tersebut. Ketiga, tokoh dan karakter juga barus kalian bisa kembangkan, dari sifat, visualisasi, permasalahan dari karakter yang sobat Aksara Jingga buat itu, usahakan setiap tokoh harus mempunyai karakter yang beragam ya! Agar cerita kalian terlihat menarik!.  Ingat! Pervisualisasian bagian tubuh tokoh itu harus ada ya!, untuk memunculkan imajinasi para pembaca, agar pembaca ada gambaran gimana wujud dari sosok tokoh yang dibuat oleh sobat Aksara Jingga.

Itu tadi rangkuman dan penjelasan singkat dari materi kali ini! Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa dipraktikkan ya! Selamat mencoba!

Nah segitu dulu ya tips  & trik agar cerita menarik dan tidak membosankan dari Mimin. Semoga sobat aksara jingga bisa memahaminya, sampai jumpa di materi berikutnya. Salam literasi semuanya! Dan Mari Bertumbuh Beraksara Bersama Jingga! Bye bye!

Jika ada request materi maupun kritik dan saran kalian bisa mengontak kami melalui:

Aksara Jingga

Media literasi yang mencakup komunitas dan pasar permintaan

2 Comments

Previous Post Next Post